Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Tegaskan Ridwan Kamil Bukan Kadernya

Kompas.com - 16/01/2017, 16:30 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Penasehat Gerindra Jawa Barat Radhar Tri Baskoro menegaskan bahwa Ridwan Kamil bukan kader partainya.

Menurut Radhar, Ridwan bebas menentukan langkah politiknya, apakah ingin tetap di Bandung atau maju sebagai calon gubernur Jawa Barat pada Pemilihan Kepala Daerah 2018.

"Kang Emil (Ridwan) bukan kader kami. Kang Emil bebas menentukan pilihan dalam pentas pilkada selanjutnya," ujar Radhar dalam Diskusi Publik Masa Depan Panggung Kepemimpinan Jabar di Bandung, Senin (16/1/2017).

Hal tersebut disampaikan juga oleh Emil sejak awal. Emil sejak awal PNS sehingga tidak bisa menjadi kader partai. Menjadi wali kota adalah wahana pembaktian buatnya sebagai PNS.

Radhar juga mempersilakan Emil untuk memilih partai mana pun sebagai kendaraan politik pada pilkada. Ia tidak mewajibkan Emil untuk tetap bersama Gerindra.

"Sepenuhnya keputusan dia sendiri. Mau berpasangan dengan siapa pun, terserah dia," kata dia.

Ia mengatakan, Gerindra mengapresiasi kepemimpinan Emil karena banyak keberhasilan di berbagai bidang. Sebagai politikus, ia berharap Emil melangkah maju ke Pilgub Jabar.

"Saya berharap Emil maju ke Jabar, kalau sikap partai saya belum tahu. Namun kita tidak bisa mengabaikan amanah rakyat. Kalau rakyat yang meminta, sebaiknya maju," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com