Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Tenaga Asing di Sukabumi, Massa Ormas Demo Kantor Imigrasi

Kompas.com - 16/01/2017, 14:12 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Massa dari dua organisasi kemasyarakatan (ormas) menggelar unjuk rasa di kantor Imigrasi Sukabumi, Jawa Barat, Senin (16/1/2017).

Aksi demonstrasi ini dipicu banyaknya orang asing yang bekerja secara ilegal di Sukabumi. Massa juga menuding hal itu karena diduga adanya calo-calo dan oknum pegawai yang berkeliaran di kantor Imigrasi.

"Kita harus mengusir calo-calo dan oknum pegawai yang berkeliaran di kantor Imigrasi ini," ungkap salah seorang aktivis Gerakan Reformis Islam (Garis), Abah Ale saat orasi di halaman kantor Imigrasi, Senin.

Abah Ale mengatakan, sebagai warga Sukabumi, dia memiliki hak untuk mempertanyakan keberadaan calo dan oknum pegawai yang diduga meloloskan tenaga asing ilegal.

"Kita juga wajib dan hak mempertanyakan keberadaan orang-orang asing yang bekerja di Sukabumi," ujar dia.

Saat ini, aksi massa dari Garis dan Koalisi Masyarakat Pengawal Konstitusi (Kompak) masih berlangsung.

Perwakilan kedua orgnisasi masih silih berganti berorasi. Aksi demonstrasi ini mendapatkan pengamanan dan pengawalan Polres Sukabumi Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com