Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Gunung Kidul Temukan Bayi di Depan Rumah Bidan

Kompas.com - 11/01/2017, 18:42 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Bayi yang diperkirakan masih berusia empat hari ditemukan warga tergeletak di atas keset teras depan rumah bidan Endang Pamungkasih di Glagah RT 01 RW 05, Desa Kemiri, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Bayi malang berjenis kelamin perempuan ini ditemukan pada Selasa (10/1/2017) malam.

"Selasa malam ada pasien yang datang untuk memeriksakan kandungan," ujar bidan Endang Pamungkasih, Rabu (11/1/2017).

Awalnya Suryanto mengantarkan istrinya, Wasti, untuk memeriksakan kandungan ke bidan Endang Pamungkasih di Glagah RT 01 RW 05, Desa Kemiri, Kecamatan Tanjungsari. Namun, saat berada di depan rumah, mereka berdua kaget melihat ada bayi yang tergeletak di teras depan rumah.

"Posisinya diletakkan di atas keset teras depan rumah. Mengenakan baju dan diselimuti," ucapnya.

Setelah itu, kedua pasien tersebut mengambil bayi dari atas keset dan memberi tahu kepada Endang. Temuan bayi itu pun langsung dilaporkan Endang ke pihak kepolisian.

"Kita periksa dan kondisinya sehat. Kita langsung melapor ke Polsek Tanjungsari," sebutnya.

Menurut dia, bayi yang diletakkan di depan teras rumahnya itu diperkirakan baru berusia empat hari. "Bobotnya kemarin ditimbang 2,75 kilogram. Ada tanda lahir di pipi kiri," katanya.

Saat ini, bayi berjenis kelamin perempuan tersebut berada di rumah bidan Endang Pamungkasih untuk mendapatkan perawatan.

Sementara itu, Kapolsek Tanjungsari AKP Basuki Triyono mengatakan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait temuan bayi tersebut.

"Kita sudah ke lokasi dan sudah memeriksa saksi-saksi. Saat ini masih kita lakukan penyelidikan," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com