Geram Jalan Rusak Tak Diperbaiki, Warga Blokade Jalur Trans-Sulawesi

Kompas.com - 11/01/2017, 16:46 WIB
Akses jalur trans Sulawesi di blokade warga Kalaserena, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menuntut perbaikan jalan. Rabu, (11/01/2017). KOMPAS.com / ABDUL HAQAkses jalur trans Sulawesi di blokade warga Kalaserena, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menuntut perbaikan jalan. Rabu, (11/01/2017).
|
EditorErlangga Djumena

GOWA, KOMPAS.com — Geram dengan kondisi jalan jalur trans-Sulawesi yang rusak parah. Ratusan warga Kalaserena, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar unjuk rasa dengan memblokade jalan, Rabu (11/1/2017). Akibatnya, terjadi kemacetan sepanjang belasan kilometer.

Menurut warga, akses jalur trans-Sulawesi yang berada di Kelurahan Kalasarena, Kecamatan Bontonompo, ini mengalami kerusakan parah sejak delapan tahun silam. Pemerintah hanya melakukan perbaikan dengan cara tambal sulam. Hal ini pula yang menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Hampir tiap hari di sini ada kecelakaan karena lubang-lubang, mana lagi jalan sempit, padahal ini jalur provinsi," kata Daeng Sau, salah seorang warga setempat.

Unjuk rasa yang dilakukan warga bersama mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Bangsa (AMPP) Bontonompo ini mulai digelar pada pukul 15.30 Wita. Tanpa komando, warga langsung memblokade jalan menggunakan pohon pisang, batang kayu, serta melakukan pembakaran ban bekas.

Aparat kepolisian setempat yang berada di lokasi tak berdaya mengantisipasi aksi blokade jalan yang dilakukan warga. Akibatnya, kemacetan panjang tak terhindarkan hingga 17 kilometer.

Unjuk rasa ini sendiri berakhir pada pukul 16.30 Wita dengan memberikan tenggat waktu bagi pemerintah agar segera melakukan perbaikan jalan.

"Kami memberikan waktu tiga kali 24 jam dan jika tidak ada perbaikan, kami akan terus memblokade jalan sampai tuntutan kami dipenuhi," kata koordinator lapangan (korlap) aksi itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X