Jalan Tol Soreang-Pasir Koja Dibuka Mei 2017 Halaman 1 - Kompas.com

Jalan Tol Soreang-Pasir Koja Dibuka Mei 2017

Kompas.com - 11/01/2017, 13:31 WIB
KOMPAS/BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA Sebuah truk tengah melintasi lokasi pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasir Koja di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (10/1/2016). Jalan tol sepanjang 10,57 kilometer ini direncanakan akan beroperasi Mei 2017.

BANDUNG, KOMPAS - Jalan Tol Soreang-Pasir Koja diperkirakan bisa beroperasi Mei 2017. Pengoperasian jalan bebas hambatan itu dinantikan karena dinilai dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Bandung dan kawasan Bandung selatan.

Penyelesaian proyek Tol Soreang-Koja (Seroja) terlambat dari target penyelesaian awal untuk menunjang Pekan Olahraga Nasional 2016, September lalu.

Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jawa Barat mengatakan, proses pembangunan Tol Seroja telah mencapai 61-62 persen.

"Pembebasan lahan sudah hampir 100 persen. Pekerjaan saat ini tahap pengerasan jalan. Kami perkirakan rampung April dan bisa beroperasi Mei," ujar Bagus yang dihubungi pada Selasa (10/12017). PT Citra Marga Lintas Jawa Barat merupakan perusahaan yang membangun Tol Seroja.

Pantauan Kompas, Selasa (10/1/2017), di Desa Kopo dan Cibodas, Soreang, sejumlah truk pengangkut tanah hilir mudik. Beberapa ekskavator mengeruk dan meratakan tanah. Dua jembatan layang tol dengan terowongan di bawahnya telah rampung dikerjakan. Kawasan di depan Stadion Si Jalak Harupat itu akan dilalui Tol Seroja.

Jalan tol sepanjang 10,57 kilometer itu membentang di tiga kecamatan dari selatan ke utara, yakni Kecamatan Soreang, Kecamatan Ketapang, dan Kecamatan Margasih. Terdapat tiga pintu keluar masuk gerbang tol (GT), yakni GT Ketapang, GT Margaasih, dan GT Pasir Koja.

Pintu masuk tol dari arah selatan direncanakan berada di depan Masjid Agung Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang. Adapun pintu keluar terakhir ada di utara, yakni GT Pasir Koja.

Jalan tol itu tersambung langsung dengan Tol Purbaleunyi, melalui persimpangan di KM 132. Pengendara bisa meneruskan perjalanan ke arah timur hingga Cileunyi atau ke arah barat ke Cikampek dan Jakarta.

Pembangunan Tol Seroja menelan investasi senilai Rp 1,5 triliun. Rinciannya, Rp 1,14 triliun untuk biaya konstruksi, dan sekitar Rp 400 miliar untuk biaya pembebasan lahan.

Bagus mengatakan, Tol Seroja mampu menampung 21.000 kendaraan per hari. Jika jalan tol sudah dibuka, perjalanan dari Soreang ke Pasir Koja dan sebaliknya bisa ditempuh hanya dalam 15-30 menit. Jika melewati jalan arteri, diperlukan waktu 1-1,5 jam untuk menempuh jarak sekitar 20 kilometer itu.


Page:
EditorLaksono Hari Wiwoho

Close Ads X