Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi 43.000 Yen Milik Tamu, Karyawan Hotel di Bali Ditangkap

Kompas.com - 10/01/2017, 21:07 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Esa Tirtanaya (20) asal Banyuwangi yang bekerja sebagai karyawan di sebuah hotel kawasan Jimbaran Kuta Selatan Badung Bali diamankan polisi.

Dia diketahui mencuri uang 43.000 yen Jepang milik Yamada Mayumi (50) WN asal Jepang yang menginap di Hotel Aquarius Star.

Kapolsek Kuta Kompol Wayan Sumara menyatakan, tersangka diamankan pada Senin (9/1/2017) sekitar pukul 11.00 Wita.

"Berawal dari laporan tamu asing yang mengaku telah kehilangan uang sebesar 43.000 yen yang ditaruh di dalam kamar hotel tempat dia menginap, dan dari keterangan pelapor, saat itu dia menaruh uang di atas tempat tidur kemudian ditinggal untuk breakfast (sarapan)," ucapnya, Selasa (10/1/2017).

Dari situ, tim Opsnal kemudian melakukan cek TKP dan dari hasil olah TKP mengarah ke karyawan yang sempat masuk kamar hotel pelapor menginap karena polisi tidak menemukan adanya kerusakan di dalam kamar hotel. Dari situlah merujuk ke tersangka.

"Awalnya dia mengelak namun setelah kami desak dan yang bersangkutan mengakui perbuatannya," ungkap Sumara.

Dari hasil interogasi, pelaku mengaku telah mencuri dengan cara mempergunakan kunci master yang ditaruh di receptionist hotel.

Kemudian pelapor berpura-pura ke kamar pelapor dengan mengetuk kamar hotel terlebih dahulu. Karena tidak ada respons dari tamu, tersangka masuk ke kamar dengan menggunakan kunci master tersebut dan langsung mengambil uang milik tamu yang ditaruh di dalam tas di atas tempat tidur.

"Hasil penukaran uang itu sekitar Rp 4,5 juta. Seusai mencuri tersangka langsung ke money changer dan barang bukti uang kami sita," bebernya.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Selasa (10/1/2017), dengan judul: Gasak Uang 43 Ribu Yen, Esa Tirtanaya Ditahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com