Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Limbah Pabrik Gula Masuk Sungai, Ribuan Ikan Mati

Kompas.com - 10/01/2017, 17:26 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Ribuan ikan di sepanjang Sungai Glenmore mati diduga disebabkan limbah pabrik gula yang mengalir ke sungai. Peristiwa ini sudah terjadi sekitar 3 bulan yang lalu.

Menurut Heni warga rt 03 rw 03 Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, ikan yang ditemukan mati banyak ditangkap oleh warga untuk dibawa pulang.

"Satu orang bisa bawa satu karung ikan-ikan yang teler di pinggir sungai diambili. Di dekat rumput. Memang tidak tiap hari tapi sering. Ikannya mabuk kena limbah pabrik gula gitu katanya," kata Heni kepada Kompas.com Senin (9/1/2016).

Selain itu warga yang tinggal sepanjang sungai tidak bisa lagi memanfaatkan sungai untuk mandi dan cuci pakaian karena airnya keruh, coklat dan berlendir.

"Kalau dipakai mandi gatal di kulit. Pernah saya cuci baju warna putih jadinya malah coklat kayak ada serat-seratnya dan walaupun dibilas enggak ilang kotorannya," tambah Heni.

Hal senada juga diungkapkan oleh Purwati, warga Desa Karangdorio. Menurutnya, matinya ribuan ikan di sungai yang melintas di depan rumahnya bebarengan dengan munculnya ribuan nyamuk hijau di rumah warga khususnya yang tinggal dekat dengan sungai.

"Bareng-bareng itu mulai nyamuk hijau, ikan di sungai mati sama air sungai gatal dipake mandi. Bingung mau lapor ke siapa lagi padahal dari pihak RT sudah laporan ke desa," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi Husnul Chotimah saat di konfirmasi Kompas.com , menyebutkan  pihaknya sudah mengambil sampel air di empat titik di sepanjang sungai Glenmore dan hasilnya ditemukan sejumlah komponen yang konsentrasinya melebihi baku mutu yang ditetapkan.

"Ada kandungan di dalam air yang melebihi baku mutu sehingga ikan tidak mendapatkan oksigen dengan baik sehingga banyak yang mati dan itu limpahan limbah dari Pabrik Gula Glenmore," ucap Husnul, Selasa (10/1/2017).

Namun untuk ikan yang mati apakah aman untuk dikonsumsi masih harus diteliti dan pihaknya akan bekerja sama dengan dinas perikanan.

Terkait nyamuk hijau yang muncul bersamaan dengan ikan mati di sepanjang sungai, Husnul menjelaskan masih belum menemukan keterkaitannya.

Baca: Nyamuk Hijau Serbu Permukiman Warga di Banyuwangi

"Tapi kami akan teliti kembali karena nyamuk hijau itu biasanya makan dedaunan apakah ada hubungannya dengan limbah pabrik gula atau tidak," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com