Nama 3 Kapal Patroli Baru Milik TNI AL Diambil dari Nama Ikan

Kompas.com - 10/01/2017, 13:12 WIB
Kapal Baru TNI AL-Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi meresmikan tiga kapal patroli baru untuk Komando Armada RI Kawasan Timur, Selasa (10/1), di Batam, Kepulauan Riau. TNI AL membuat KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854, dan KRI Madidihang-855 di Batam. Pembuatan kapal itu wujud kemandirian Indonesia dalam pengadaan persenjataan

Kompas/Kris Mada Kris MadaKapal Baru TNI AL-Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi meresmikan tiga kapal patroli baru untuk Komando Armada RI Kawasan Timur, Selasa (10/1), di Batam, Kepulauan Riau. TNI AL membuat KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854, dan KRI Madidihang-855 di Batam. Pembuatan kapal itu wujud kemandirian Indonesia dalam pengadaan persenjataan Kompas/Kris Mada
EditorCaroline Damanik

BATAM, KOMPAS.com -Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi meresmikan tiga kapal patroli cepat 40 meter produksi PT Palindo Marine di Pelabuhan Batuampar, Batam, Selasa (10/1/2017).

" Kapal patroli cepat yang diresmikan adalah KRI Tatihu 853, KRI Layaran 854, dan KRI Madidihang 855. Ketiga kapal itu diproyeksikan untuk memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) Armada Timur," kata Ade usai upacara peresmian.

Nama Tatihu, Layaran dan Madiding diambil dari nama-nama ikan yang ada di Indonesia. Ketiganya dikenal sebagai perenang cepat dan gesit di laut sehingga diharapkan mampu bermanuver dengan cepat dan gesit dalam mengemban tugas menjaga kedaulatan negara.

Ade mengatakan, ketiga kapal tersebut dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 12,7 milimeter dan akan dipasang meriam kaliber 20 milimeter.

"Kapal ini memiliki panjang keseluruhan 45,5 meter  dengan kecepatan maksimal 24 knot. Kapasitas bahan bakar 70.000 liter dengan enduraance selama enam hari," kata Ade.

Dengan diresmikannya kapal tersebut, lanjut Ade, membuktikan bahwa industtri pertahanan memiliki kemampuan untuk mendukung program pemerintah, sekaligus membangun kemandirian nasional bidang teknologi pengembangan alutsista TNI.

"Kapal ini juga dibekali kemampuan di antaranya mampu melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, operasi patroli laut, dan operasi SAR," kata dia.

Direktur Utama PT Palindo Marine Batam, Harmanto, mengatakan Kapal Patroli Cepat 40 tersebut dibangun dengan mengutamakan kualitas dengan memaksimalkan produk dalam negeri.

"Harapan kami dengan kapal ini akan berperan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata dia.

Pembangunan kapal tersebut melalui empat tahap yaitu desain, pengadaan merial, produksi, pengetesan. Kapal dibangun sejak Akhir 2015 dan selesai pada Akhir 2016.

Dalam kesempatan itu pula, Mayor Laut (P) Dwi Eko Ardiano dikukuhkan sebagai Komandan KRI Tatihu 853, Kapten Laut (P) Heru Trimanto sebagai Komandan KRI Layaran 854, dan Kapten Laaut (P) Rhony Lutviadhani sebagai komandan KRI Madidihang 855.

(Baca juga: TNI AL Resmikan Kapal Patroli Baru di Batam)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ANTARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X