Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Sekolah di Singkawang Mulai Berlakukan "Full Day School"

Kompas.com - 09/01/2017, 18:11 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Tiga sekolah di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, telah menerapkan progam full day school khusus di awal tahun 2017.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang M Nadjib mengatakan, ketiga sekolah yang dimaksud adalah SMA Negeri 10, SMK Negeri 2, dan SMP Negeri 4.

"Untuk SMAN 10 sudah di-launching sepekan lalu. Pada hari ini, dua sekolah sekaligus yang di-launching, yaitu SMKN 2 dan SMPN 4 Singkawang," kata Nadjib seperti dikutip Antara, Senin (9/1/2017).

Menurut dia, sekolah-sekolah itu akan mengajarkan pelajaran-pelajaran eksakta yang dianggap berat, seperti matematika, fisika, biologi, dan kimia, pada jam pelajaran pagi hari.

"Sedangkan pelajaran-pelajaran yang santai dijadwalkan pada sore hari," kata Nadjib.

Ia berharap pelaksanaan sekolah sehari penuh ini berjalan lancar. Ia juga mengimbau kepada sekolah lain untuk mempersiapkan diri sejak sekarang sebelum menerapkan program serupa.

Menurut Nadjib, guru dan orangtua siswa merupakan kunci utama keberhasilan full day school.

"Jika guru maupun orangtua sudah paham dengan maksud dan tujuan serta manfaat dari full day school maka mereka akan siap mendukung program pemerintah pusat ini," katanya.

Nadjib mendorong sekolah yang sudah siap melaksanakan program itu asalkan ada kesepakatan antara guru dengan orangtua siswa.

Tujuan utamanya agar para siswa lebih konsentrasi pada kualitas pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com