Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Blusukan" ke Pelosok Desa, Bupati Poso Sambangi Keluarga Santoso

Kompas.com - 04/01/2017, 20:09 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu kini terus menggencarkan kegiatan "blusukan" hingga ke pelosok desa mendatangi warga berpenghasilan ekonomi rendah.

Dalam kegiatan "blusukan" tersebut yang digelar pada Rabu (4/1/2017), selain mendatangi rumah-rumah warga yang tidak mampu, Bupati Darmin bersama rombongan juga menyempatkan diri menyambangi rumah orangtua almarhum Santoso alias Abu Wardah pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang telah tewas tertembak oleh Satgas operasi Tinombala 2016 pada 18 Juli 2016 silam.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, kedatangan bupati bersama rombongan yang melibatkan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Poso disambut baik oleh pihak keluarga, termasuk ibunda Santoso, Rumiah (72), serta adik kandung perempuan bernama Fatimah (35).

Di hadapan Bupati, Fatimah mengakui sejak sepeninggalnya Santoso, kini orangtua perempuannya yang sudah memasuki usia tua dan sakit-sakitan tersebut tinggal bersamanya dalam kondisi ekonomi pas-pasan.

Baca juga: Basri Ditangkap, Kapolri Sebut Kelompok Santoso Makin Lemah

Sebelumnya, Rumiah saat masih sehat dan bisa bepergian juga pernah tinggal bersama di rumah Santoso di Desa Bhakti Agung, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

"Selama ini ibu sudah tinggal dan saya rawat di sini, beliau sudah sakit-sakitan sehingga tidak bisa lagi kemana-mana. Saya sangat berterimah kasih atas perhatian dan bantuan Pak Bupati," ucap Fatimah.

Sementara itu, Bupati Darmin mengatakan, kedatangan mereka merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk memastikan pihak keluarga telah mendapatkan kartu pelayanan kesehatan gratis.

Menurutnya, rangkaian "blusukan" yang kini tengah digencarkan pihaknya adalah komitmen Pemda Poso untuk memantau secara langsung seluruh jenis bantuan baik dari pusat maupun daerah sehingga bisa tepat sasaran.

"Kedatangan kami bersama rombongan untuk silaturahim dan sekaligus memantau penerimaan pelayanan Kartu Indonesia Sehat kepada warga, tidak terkecuali dengan keluarga almarhum Santoso," ungkap Bupati.

Seusai melakukan pertemuan dengan keluarga Santoso, rombongan Bupati kembali melanjutkan "blusukan" ke rumah–rumah warga miskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com