Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Libur, Penumpang KA yang Turun di DIY-Jateng 29.000 Per Hari

Kompas.com - 30/12/2016, 21:45 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Selama musim liburan Natal dan Tahun Baru 2017, setiap hari rata-rata sebanyak 29.000 penumpang turun di seluruh stasiun wilayah PT KAI Daop VI.

Jumlah ini meningkat sekitar 6 persen dibandingkan Tahun 2015 lalu.

"Ada peningkatan kedatangan untuk di seluruh stasiun di wilayah Daop VI," ucap pejabat Humas PT KAI VI, Eko Budiyanto saat dihubungi, Jumat (30/12/2016).

Eko menuturkan, wilayah stasiun Daop VI meliputi Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan. Peningkatan penumpang yang turun di seluruh stasiun wilayah PT KAI Daop VI sudah mulai terjadi sejak awal libur Natal.

Bahkan, sampai jelang malam tahun baru ini masih terjadi peningkatan kedatangan penumpang di stasiun.

"Khusus di seluruh wilayah Daop VI, dari awal libur Natal sampai dengan menjelang malam tahun baru ini setiap hari rata-rata lebih dari 29.000 penumpang yang turun," tegasnya.

Menurutnya, jumlah penumpang tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2015 lalu. Peningkatannya mencapai 6 persen.

"Tahun ini memang lebih banyak. Meningkat 6 persen dibanding tahun lalu," tandasnya.

Penumpang yang turun di seluruh stasiun wilayah Daop VI menggunakan kereta api (KA) jarak jauh maupun jarat dekat, seperti pramek, ekonomi dan bisnis. Namun dari data, penumpang yang turun di wilayah PT KAI Daop VI rata-rata banyak dari Jakarta.

"Kalau untuk stasiun di Yogyakarta per hari rata-rata 10.000 yang turun. Penumpang yang turun rata-rata dari Jakarta," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com