Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perindustrian Bantu Pelaku Industri Korban Gempa Aceh

Kompas.com - 28/12/2016, 22:10 WIB
Masriadi

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto, Rabu (28/12/2016), menyerahkan bantuan untuk industri pelaku Industri kecil menengah (IKM) korban gempa di kabupaten itu.

Bantuan berupa mesin jahit, peralatan industri kecil menengah serta beberapa barang kebutuhan pokok lainnya diterima secara simbolis oleh Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas.

Menteri Airlangga mengatakan, bantuan tersebut adalah upaya dari pemerintah pusat untuk membangkitkan kembali semangat dan aktivitas usaha kecil menengah setelah musibah gempa di Pidie Jaya beberapa waktu lalu.

"Pemerintah terus berupaya memperbaiki dan merevitalisasi kerusakan akibat gempa di Pidie Jaya dan daerah sekitarnya, termasuk memulihkan iklim usaha," kata Airlangga.

Dia menyerahkan mesin dan peralatan kepada 50 IKM makanan dan 30 IKM konveksi termasuk mesin jahit, mixer dan alat pres kemasan kepada korban di Pidie Jaya.

Selain itu, bantuan juga turut diserahkan berupa alat mixer, blender, oven, dan alat lainnya terkait dengan makanan ringan untuk 81 IKM. Lalu bantuan alat pres batu bata untuk menggantikan peralatan yang sederhana bagi 51 IKM.

Kemudian peralatan perbengkelan sepeda motor berupa toolkit, kompresor untuk 39 IKM, serta bantuan mesin jahit dan mesin obras untuk konveksi bagi 30 IKM.

Untuk korban gempa lainnya, Kementerian Perindustrian menyerahkan paket sembako, sandang, perlengkapan mandi dan tenda.

“Laporan yang kami terima, ada 236 IKM di Kabupaten Pidie Jaya yang terkena dampak gempa bumi, yang antara lain bergerak di sektor makanan, pencetakan batu bata, konveksi, dan perbengkelan. Kemenperin juga mencatat, sebanyak 1.030 IKM beroperasi di Pidie Jaya," ujarnya.

Kompas TV Jalan Terbelah Sepanjang 1 Kilometer Akibat Gempa Aceh
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com