Percantik Kawasan Stasiun Tugu, PT KAI Tertibkan Lapak Pedagang

Kompas.com - 26/12/2016, 12:44 WIB
Kondisi lapak pedagang disisi Selatan Stasiun Tugu setelah ditertibkan Kontributor Yogyakarta, Wijaya KusumaKondisi lapak pedagang disisi Selatan Stasiun Tugu setelah ditertibkan
|
EditorErlangga Djumena

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - PT KAI Daop VI melakukan penertiban lapak pedagang yang berada sebelah sisi Selatan kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta. Penertiban ini bertujuan untuk mempercantik stasiun Tugu, sekaligus memfungsikan kembali trotoar dan mengantisipasi kemacetan saat hari libur seperti Natal dan Tahun Baru.

"Iya tadi pagi memang dilakukan penertiban lapak-lapak yang menempel di pagar stasiun sisi Selatan, depan Sarkem. Yang posisinya berada diatas trotoar," ucap Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto, saat dihubungi, Senin (26/12/2016).

Dia menyebutkan, sebelum dilakukan penertiban pihak PT KAI Daop 6 telah berkoordinasi dengan para pedagang. Dari koordinasi itu, para pedagang bisa memahami dan setuju.

"Kita sudah lama berkoordinasi dengan pedagang. Mereka paham dan setuju," ucapnya.

Menurut dia, penertiban di sisi Selatan Stasiun Tugu ini merupakan tahap pertama. Selanjutnya nantinya seluruh kawasan di Stasiun Tugu Yogyakarta secara bertahap juga akan dilakukan penataan.

"Penataan dilakukan bertahap. Tahap pertama sisi Selatan, tahap berikutnya baru yang lainya," katanya.

Eko mengatakan, penertiban kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta ini untuk penataan sehingga stasiun semakin bersih dan rapi. Seiring dengan penataan kawasan Malioboro. Selain itu, penertiban dilakukan juga bertujuan untuk memfungsikan kembali trotoar yang selama ini tertutup lapak pedagang.

"Ditata, dipercantik, terus itu kan ada trotoar agar bisa berfungsi seperti peruntukannya. Agar tidak menyebabkan kemacetan juga saat musim liburan," bebernya.

Nantinya lanjut dia, setelah sisi Selatan Stasiun Tugu Yogyakarta semua ditertibkan, maka di sepanjang trotoar itu akan di pasang selasar. Rencananya pemasangan selasar akan dimulai tahun 2017.

"Nanti akan dipasang Selasar, biar pejalan kaki teduh. Jadi trotoar di fungsikan , kalau kurang ditambah beberapa meter menjorok ke dalam," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X