Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Natal-Tahun Baru di Lamongan Libatkan Perguruan Silat

Kompas.com - 24/12/2016, 13:04 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com – Kepolisian menggandeng sejumlah elemen masyarakat di Lamongan, Jawa Timur, untuk menjaga ketentraman dan keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Selain polisi yang terjun langsung dalam pengamanan, organisasi masyarakat seperti Banser NU dan sejumlah perguruan silat juga berperan aktif untuk menjaga kondusivitas selama Natal dan Tahun Baru.

"Pengamanan untuk Natal dan Tahun Baru sebenarnya sudah kami lakukan mulai awal bulan kemarin. Ada sekitar 300 anggota yang kami siapkan dan mereka akan terus mengawal kondisi serta situasi di Lamongan agar tetap aman," ujar Kapolres Lamongan AKBP Juda Nusa Putra, Sabtu (24/12/2016).

Selain 300 polisi, pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 di Lamongan juga akan melibatkan 30 jajaran Kodim 0812, enam personel Subdenpom, empat orang dari Subgarnisum, 30 aparat Satpol PP, serta beberapa perwakilan dari perguruan silat yang ada di Lamongan, Banser, dan perkumpulan Pramuka.

"Tujuannya hanya satu, dengan persatuan dari semua elemen yang turut bersama-sama mengamankan jalannya perayaan dua agenda besar ini, saya optimisitis perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 di Lamongan akan berjalan dengan lancar serta aman," ujar Juda.

Guna memberikan rasa aman dan ketentraman kepada masyarakat Lamongan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2017, juga didirikan pos pengaduan dan pelayanan pengamanan yang tersebar di lima titik.

"Ada Pospam Kinameng di Kelurahan Sidokumpul, Pospam Alun-alun, Pospam Pasar Babat, Posyan Terminal Lamongan, dan Posyan di Wisata Bahari Lamongan (WBL)," ucap Juda.

Sebelum mengukuhkan personel pengamanan, Polres Lamongan juga sudah sempat menggelar rapat koordinasi persiapan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 yang melibatkan semua elemen masyarakat.

Mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dinas instansi terkait, pimpinan ormas, pemilik kafe dan tempat karaoke, diundang hadir di Gedung Sasana Krida Jagratara di lingkup Polres Lamongan untuk sama-sama menjaga ketertiban selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Kompas TV 156 Ribu Polisi Diterjunkan Untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com