Boraks dan Pewarna Berbahaya Ditemukan pada Sampel Makanan dari 5 Pasar di Jogja

Kompas.com - 22/12/2016, 17:04 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan DIY, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni saat menjelaskan hasil pantauan BPOM menjelang hari Raya Natal dan Tahun Baru

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pantauan makanan menjelang Natal dan Tahun Baru 2017.

Hasilnya, sejumlah makanan mengandung bahan berbahaya ditemukan di lima pasar di Yogyakarta, yakni Beringharjo, Godean, Wates, Bantul, dan Argosari.

"Kami mengambil sampel makanan dari lima pasar, yaitu Beringharjo, Godean, Bantul, Wates, dan Argosari. Semua ada 44 sampel," ujar Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan DIY, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Rabu (22/12/2016).

Gusti Ayu menuturkan, 44 sampel tersebut lalu diuji di laboratorium dan ada sampel makanan yang positif mengandung bahan berbahaya.


"19 sampel yang ditemukan positif mengandung bahan berbahaya," ungkapnya.

Bahan berbahaya yang ditemukan dalam makanan tersebut, lanjutnya, di antaranya mengandung pewarna merah berbahaya rhodamin B. Selain itu, juga ditemukan makanan yang mengandung boraks dan methanyl yellow. 

"Ada 43,18 persen, yang mengandung rhodamin B seperti pada makanan lanting, slondok, kerupuk, dan lempeng," tegasnya.

Dia mengungkapkan, dari penelusuran diketahui bahwa sebagian besar makanan yang mengandung berbahaya rhodamin B, boraks dan methanyl yellow berasal dari luar Yogyakarta. Makanan tersebut datang dari daerah wilayah Jawa Tengah.

"Berasal dari Kebumen, Magelang, Gombong dan Kutoarjo," ucapnya.

Gusti Ayu menghimbau kepada masyarakat ketika hendak membeli makanan dan oleh-oleh agar mengecek kelayakannya, termasuk melihat tanggal kedaluwarsa yang ada di bungkus makanan.

Dari pantuan petugas, masih ditemukan produk yang sudah kadaluarsa tetapi masih di jual oleh sejumlah toko, supermarket, dan distributor.

"Kami imbau agar masyarakat berhati-hati dalam membeli oleh-oleh. Cek kelayakan dan tanggal kedaluwarsanya dulu," pungkasnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorCaroline Damanik
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X