Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plt Gubernur Aceh Putuskan Transisi Darurat 90 Hari Pasca-gempa

Kompas.com - 21/12/2016, 05:10 WIB
Masriadi

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Mayjen (Purn) TNI Soedarmo memutuskan bahwa penanganan gempa Pidie Jaya statusnya berubah dari masa tanggap darurat menjadi transisi darurat.

Masa transisi darurat mulai 21 Desember 2016 hingga 20 Maret 2017, atau selama 90 hari

"Saya putuskan masa transisi darurat, yaitu 3 bulan. Namun, jika dianggap 2 bulan sudah cukup, maka akan kita percepat," jelasnya, Rabu (21/12/2016).

Baca juga: Hasil Verifikasi Sementara, 19.130 Rumah Rusak akibat Gempa Aceh

Dia meminta seluruh dinas berkoordinasi agar pemulihan pasca-gempa Aceh segera rampung. Dia juga meminta agar fokus rehabilitasi adalah sarana pendidikan. Sehingga, usai musim libur sekolah semester ini, seluruh siswa bisa belajar kembali di Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen.

"Jangan sampai saat hari masuk sekolah, ada anak didik yang belum memiliki ruang sekolah sementara. Sektor pendidikan harus menjadi perhatian serius. Ini harus menjadi perhatian kita bersama, bukan berarti fasilitas lain tidak penting, tapi pendidikan ini menyangkut dengan masa depan generasi penerus," tegas Gubernur.

Untuk diketahui bersama, setidaknya ada 153 ruang kelas di 82 sekolah mengalami rusak berat pasca-gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang berpusat di Pidie Jaya, pada 7 Desember lalu.

Mengantisipasi para siswa yang akan mulai masuk sekolah pada tanggal 4 Januari 2017 mendatang, Gubernur Aceh memerintahkan satuan kerja perangka daerah (SKPD) berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk sesegera mungkin mendirikan tenda-tenda yang akan berfungsi sebagai kelas darurat sembari menunggu selesai pembangunan kelas darurat.

Data dari Dinas Pendidikan Aceh menyebutkan, saat ini sudah ada 123 tenda. Sebanyak 60 unit di antaranya sudah terpasang dan sisanya masih dalam proses pemasangan.

Tenda-tenda yang akan berfungsi sebagai sekolah darurat itu akan digunakan sementara oleh para siswa sambil menanti selesainya pembangunan sekolah darurat dan bangunan sekolah permanen.

Kompas TV Pengungsi Gempa Aceh Tidur dengan Beralaskan Tanah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com