Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berniat Menolong Temannya, Seorang Wisatawan Tewas Tenggelam

Kompas.com - 19/12/2016, 13:10 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Seorang wisatawan asal Karanganyar, Andre Kurniawan (24), meninggal dunia setelah terseret arus sungai di Pantai Baron.

Andere terseret ombak saat berniat menolong temannya yang tengelam.

"Awalnya Andre dan Kusno hari Minggu datang ke Pantai Baron. Keduanya lalu berenang di sungai dekat pantai," ujar koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono, saat dihubungi, Senin (19/12/2016).

Kedua wisatawan asal Karanganyar, Jawa Tengah, ini awalnya mandi di sungai tersebut. Saat asyik mandi, Andre melihat temannya, Kusno (30) tenggelam.

"Andre berusaha menolong, temannya selamat. Namun Andre terseret ombak dan tenggelam," ucapnya.

Mendapat kabar tersebut, SAR Satlinmas langsung segera menuju lokasi dan melakukan pencarian. Andre ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

"Pencarian sekitar 10 menit , korban ditemukan dalam kondisi meninggal," tegasnya.

Marjono mengimbau agar para wisatawan berhati-hati dan memperhatikan rambu-rambu yang dipasang dan imbuan dari petugas SAR pantai.

Pengunjung diimbau tidak bermain air atau mandi di sungai yang berumara di Pantai Baron sebab kedalamannya mencapai empat meter dan memiliki arus yang kuat. Apalagi jika di sisi Utara terjadi hujan deras, sungai jadi sangat berbahaya.

"Kami terus menghimbau agar berhati-hati dan jangan berenang, dalamnya itu empat meter dan kalau hujan arusnya deras. Tetapi masih banyak yang masih nekat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com