Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Imbau Warga Aceh Jangan Resah Gempa Susulan

Kompas.com - 19/12/2016, 12:59 WIB

SABANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Aceh agar tidak resah dengan adanya gempa bumi susulan, karena sifatnya menuju kesetimbangan, setelah gempa kuat magnitudo 6,4 pada 7 Desember 2017.

Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang Siswanto di Sabang Senin (19/12/2016) menyebutkan, sesuai dengan teori kesetimbangan bahwa segmen kerak bumi yang mengalami patahan akibat gempa tektonik dan dengan sendirinya gempa susulan menuju kesetimbangan tersebut.

"Secara teori sudah jelas gempa susulan itu memperbaiki patahan akibat gempa perdana menuju kesetimbangan," ujarnya.

Baca juga: BMKG: Hingga Minggu Pagi, Terjadi 73 Gempa Susulan di Pidie Jaya

Untuk itu, kata dia, pihaknya kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak resah dan jika terjadinya gempa tektonik susulan tersebut tetap dalam posisi waspada.

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah termakan isu dari pihak yang tidak bertanggung jawab dan jika ada isu yang dapat meresahkan bisa langsung mengkonfirmasi ke BMKG terdekat," katanya lagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, gempa tektonik susulan itu menuju kesetimbangan bumi kembali dengan melepaskan sisa energinya melalui gempa susulan dan kekuatannya relatif lebih kecil dari gempa utama.

Pada Senin (19/12) pagi sekitar pukul 02.24 WIB, Sabang dan sekitarnya diguncang gempa magnitudo 5,2 pada kedalaman 10 kilometer dan getaran guncangannya dapat dirasakan kuat oleh masyarakat.

Gempa tersebut lokasinya persis di 5.90 Lintang Utara - 93.52 Bujur Timur. Ada pun pusat gempa berada 201 Km barat laut Kota Sabang (berdekatan dengan Pulau Andaman-India) dan tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Kompas TV Pemerintah Provinsi Riau Kirim Bantuan Logistik ke Aceh
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber ANTARA


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com