Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat TNI AU dengan 12 Kru yang Jatuh di Wamena Sedang Latihan Navigasi

Kompas.com - 18/12/2016, 10:23 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pesawat Hercules C-130HS milik TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor registrasi A-1334 hilang kontak dalam penerbangan dari Timika ke Wamena, Papua, Minggu (18/12/2016) pagi.

Pesawat itu merupakan pesawat milik Landasan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang, yang sedang menjalani latihan rutin yaitu latihan navigasi.

"Untuk penerbangan ke Papua kegiatan yang rutin kita lakukan yaitu Exercise Navigasi. Jadi latihan navigasi," kata Kepala Penerangan (Kapen) Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Mayor Sus. Hamdi Londong Alow.

Ia menjelaskan, pesawat itu lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pada Sabtu (17/12/2016). Pesawat dengan 12 kru itu langsung menuju ke Kupang di Nusa Tenggara Timur, kemudian ke Timika dan ke Wamena. Pesawat itu mengalami kecelakaan setelah hendak kembali ke Timika dari Wamena.

"Pertama-tama yang perlu saya sampaikan bahwa ini berita musibah yang cuku prihatin. Apa yang terjadi dalam alutsisya kita. Namun demikian, pada prinspnya kita membenarkan kejadian itu," ujarnya.

Kompas TV Pesawat Hercules TNI Jatuh di Papua
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com