Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Bantu 500 Tenda untuk Pengungsi di Pidie Jaya

Kompas.com - 16/12/2016, 13:48 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang memberikan bantuan darurat berupa tenda sebanyak 500 buah kepada para korban bencana gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Bantuan disalurkan melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) Indonesia.

"Bantuan ini merupakan bantuan pertama dari pemerintah asing yang diserahkan langsung kepada pemerintah Indonesia. Tenda-tenda rencananya akan tiba hari ini di Aceh," kata Konsul Muda Daiki Yokoyama dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Jumat (16/12/2016).

Musibah bencana gempa bumi 6,5 SR yang melanda wilayah utara provinsi Aceh pada Rabu (7/12/2016) lalu, tidak hanya menewaskan 102 jiwa, mengakibatkan 11.267 bangunan dan rumah rusak sehingga 85.133 orang harus hidup di pengungsian.

"Melihat kondisi ini, diharapkan bantuan tenda tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat membantu meringankan beban para korban bencana," ucapnya.

Sebelum bantuan tiba di lokasi bencana, paginya dilaksanakan upacara serah terima di Jakarta dengan dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Sekretaris BNPB Ir Dody Ruswandi, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Soeratin, Anggota Parlemen Majelis Rendah Jepang yang juga Ketua Komisi Penelitian Komprehensif untuk Pembangunan Ketahanan Bencana Partai LDP (Liberal Democratic Party) Fukui Teru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com