Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi 9 Karung Jahe Kering, Dua Warga Ponorogo Nyaris Dihajar Massa

Kompas.com - 13/12/2016, 18:54 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Dua warga Desa Baosan Kidul, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, nyaris dihajar massa karena ketahuan mencuri jahe kering di rumah Lancur Sudibyo (45), Desa Kalisat, Bungkal, Ponorogo, Selasa (13/12/2016) dini hari.

"Hampir saja kedua warga masing-masing bernama Miswanto (24) dan Katwanto (26) dihajar massa. Keduanya sempat dikejar warga. Namun sebelum dihajar massa, keduanya sudah kami amankan terlebih dahulu," kata Kapolsek Bungkal, AKP Beny Hartono saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (13/12/2016).

Menurut Beny, saat diperiksa polisi, dua pelaku mengaku aksi pencurian itu sudah direncanakan sebelumnya. Pasalnya, sebelum mencuri, kedua tersangka sudah mengetahui lokasi penyimpanan jahe kering di dalam rumah korban.

Aksi dua tersangka terungkap saat warga setempat, Rudiyanto yang tak sengaja melihat tumpukan jahe kering dalam karung plastik di pinggir jalan tak jauh dari rumah korban. Rudiyanto kemudian memberitahukan apa yang dia lihat kepada korban.

"Setelah dicek korban ternyata benar, jahe miliknya hilang sebanyak 9 karung," jelasnya.

Kepada korban, Rudiyanto juga menceritakan dua tersangka sedang mengangkut dua karung plastik jahe kering menggunakan motor Yamaha Jupiter di tepi jalan raya Jurusan Bungkal-Ngrayun.

Tak lama kemudian, korban mengajak Rusdiyanto ke lokasi para pelaku mengangkut jahe curian. Setibanya di lokasi, korban dan saksi melihat dua pemuda sedang mengambil jahe kering curian yang diletakkan di pinggir jalan.

Kedua pelaku yang mengetahui kedatangan korban, berusaha melarikan diri. Namun akhirnya mereka bisa ditangkap berkat bantuan warga.

Akibat pencurian itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp 8,4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com