Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Laporkan Calon Penghuni Kos Tanpa Kartu Identitas

Kompas.com - 13/12/2016, 18:33 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KARTASURA, KOMPAS.com - Pasca-penangkapan terduga teroris di sejumlah wilayah Soloraya, khususnya di Kabupaten Sukoharjo, polisi mengingatkan, pemilik dan pengelola kos untuk lebih waspada.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, meminta para pengelola kos untuk tidak segan segan meminta segera identitas calon penghuni kos.

"Segera diminta dan apabila tidak segera menyerahkan kartu identitas, berhak ditolak untuk tinggal di kos. Petugas akan tingkatkan pengawasan," kata Ruminio, Selasa (13/12/2016).

Penggeledahan di kamar kos milik salah satu terduga teroris Bekasi, Khafid Fathoni, di Keputren RT 2/ RW 8, Kartasura, ditemukan barang bukti 42 botol bahan kimia cair yang berbahaya. Diduga kuat, bahan kimia tersebut menjadi bahan baku pembuatan bom.

"Kami ingin menekan ruang gerak teroris yang menyusup di antara warga. Maka kami minta laporkanke RT dan RW apabila ada calon penghuni baru," kata Ruminio.

Sementara itu, Didik Kristiadi, Lurah Kartasura, menuturkan, akan segera mengumpulkan seluruh pemilik indekos di Kelurahan Kartasura untuk didata ulang. Selain itu, akan diberikan sosialisasi agar warga turut mengantisipasi penyusupan teroris.

"Kejadian kemarin menjadi peringatan keras Kartasura. Jadi, kalau ada yang tidak beres segera laporkan agar segera ditindaklanjuti," kata Didik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com