Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang, Enam Tahun Bertahan dengan Tumor Ganas di Mulut

Kompas.com - 13/12/2016, 17:03 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Anak berusia tujuh tahun asal Kota Blitar, Jawa Timur, menderita tumor ganas di gusinya. Benjolan besar itu terus tumbuh membesar dari gusi atas dan bawah dari dalam mulutnya. 

Shiwan Bintang Wiratama, putra laki-laki kedua pasangan Joko Sapuan dan Yunariah, warga Desa Gedog Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar itu sehari-hari berada di rumah. Hampir tidak pernah bermain bersama teman-teman seusianya. 

Penyakit dari gusi diderita Bintang saat berusia setahun, tepatnya pada 2010 lalu.

Menurut keterangan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf yang sempat menjenguk Bintang di rumahnya pekan lalu, orang tuanya sempat memeriksakan Bintang ke rumah sakit. 

"Tapi kata dokter, menurut cerita orang tuanya, penyakit itu tidak berbahaya, karena gusi Bintang akan tumbuh gigi," kata Saifullah, Selasa (13/12/2016).

Namun penyakit itu tidak kunjung sembuh, justru muncul daging tumbuh dan terus membesar hingga enam tahun berjalan, sampai diketahui Bintang mengidap tumor ganas.

"Saya sudah minta kedua orang tua Bintang agar dirujuk ke RSU dr Soetomo Surabaya, karena Bintang adalah anggota BPJS aktif," jelasnya.

Dia khawatir, jika tidak ditangani secara cepat dan tepat, selain berdampak buruk pada Bintang, juga akan menimbulkan aksi penyelewengan sumbangan. Karena foto dan cerita tentang Bintang, sudah menyebar di media sosial.

"Soal biaya kan sudah ditanggung ansuransi BPJS, yang penting saya minta orang tuanya segera menyiapkan administrasinya dan berangkat ke Surabaya agar segera ditangani," jelas Saifullah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com