Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Utang, Andi Curi Panel Listrik Tenaga Surya

Kompas.com - 09/12/2016, 09:31 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN,KOMPAS.com -  Andi Nuar (32) warga Jl Pelabuhan Baru Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara ini nekat mencuri panel listrik tenaga surya.

Aksi Andi dibantu Irfan (23) warga Jl Pangkalan H Muctar. Keduanya diamankan Kepolisian Resort Nunukan setelah menjual hasil curian mereka ke penadah.

“Si Andi Nuar ini punya utang kepada si penadah sebesar Rp 4 juta, oleh pelaku dibayar dengan panel lampu PLTS. Setelah pencurian pertama mereka ketagihan mencuri,” ujar Kasubag Humas polres Nunukan Iptu M karyadi,  Jumat (09/12/2016).

Dari pengakuan kedua pelaku, mereka sudah 4 kali melakukan pencurian panel di Dermaga Feri Sempaja Kecamatan Seimenggaris. Pelaku memanjat tiang PLTS lalu mempreteli perangkat panelnya dan membuang tiang listrik ke dalam sungai.

Akibat ulah keduanya, Dinas Perhubungan Kabupaten Nunukan mengalami kerugian hingga Rp 100 juta.

“Keterangannya sudah 4 kali mencuri panel listrik PLTS. Yang satu dikasih ke Irfan dijual Rp 2 juta sebagai upah. Nanti kita akan cocokkan keterangan pelaku dengan Dinas Perhubungan,” ujar Karyadi.

Kedua pelaku ditangkap oleh anggota Jatanras Polres Nunukan saat berboncengan sepeda pada Kamis (08/12) sekitar pukul 17:00 Wita.

Saat ini mereka diamankan di Mako Polres Nunukan beserta penadah barang barang curian Amran alias Galang (32) warga Jl Pahlawan.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa 2 unit solar cell dan 9 unit aki solar cell.

”Saat ini pelaku dan barang bukti kita amankan di mako Polres Nunukan dan masih dilakukan pengembangan,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com