Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Rawan Gempa dan Tsunami, Maluku Hanya Punya 4 Sirine Peringatan Dini

Kompas.com - 08/12/2016, 15:45 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Meski Maluku merupakan salah satu wilayah rawan gempa dan tsunami di Indonesia, namun daerah itu ternyata hanya memiliki empat sirine peringatan dini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, John Hursepuny mengatakan, keempat sirine peringatan dini itu berada di Kota Ambon dan di Kepulauan Banda.

“Untuk di Maluku Tenggara dan Pulau Seram belum ada sirine peringatan dini,” kata John saat ditanya wartawan, Kamis (8/12/2016).

Dia menungkapkan, tiga sirine peringatan dini yang berada di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, itu tersebar di Desa Nusantara, Pulau Neira, Desa Wailing Pulau Banda Besar, dan di Desa Ai, Pulau Ai.

"Itu semuanya di kepulauan banda,” katanya.

Meski hanya memiliki empat sirine peringatan dini, namun, kata John, BPBD Maluku dalam berbagai kesempatan terus melakukan edukasi melalui sosialisasi kepada masyarakat apabila terjadi gempa.

“Masyarat diimbau apabila merasakan gempa dengan kekuatan yang besar untuk melakukan evakuasi mandiri dengan menjauhi pantai dan sungai, (pergi) ke tempat yang lebih aman,” katanya.

Dia menambahkan, kesiapsiagaan masyarakat tidak sepenuhnya bergantung pada sirine peringatan gempa, tetapi pada kesadaran dan kesiapsiagaan warga dalam menghadapi berbagai risiko bencana, khususnya gempa.

“Mengingat berdasarkan simulasi ahli tsunami, waktu tiba tsunami ke pantai sangatlah cepat, jadi kesadaran dan kewaspadaan warga sangatlah penting,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Maluku merupakan salah satu kawasan rawan gempa dan tsunami. Sebab, provinsi tersebut berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yaitu Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik. Pertemuan dua lempeng ini menyebabkan patahan yang tidak beraturan.

Adapun wilayah rawan gempa di Maluku meliputi daerah bagian tenggara, yaitu Pulau Ambon, Pulau Seram dan Pulau Buru. Adapun pusat patahan di antaranya di laut Ambon dan Seram Bagian Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com