Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2017, Wajah Baru Terminal Internasional Bandara Husein Sastranegara Diperkenalkan

Kompas.com - 05/12/2016, 12:38 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II akan segera memperkenalkan wajah baru terminal penumpang internasional di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Rencananya, terminal baru itu akan mulai beroperasi pada awal Januari 2017 mendatang.

Keberadaan terminal itu diharapkan dapat mendongkrak jumlah wisatawan ke Bandung sebagai gerbang wisata di Jawa Barat.

Peningkatan fasilitas dan kapasitas Bandara Husein Sastranegara juga sejalan dengan program Kementrian Pariwisara dimana Bandung masuk dalam 10 kluster pengembangan pariwisata di dunia.

Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani General Manager PT Angkasa Pura II Dorma Manalu saat diwawancarai wartawan di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Bandung, Senin (5/12/2016). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI
"Diresmikan pada Minggu awal Januari 2017. Daya tampung terminal internasional itu mencapai 1 juta penumpang per tahun," ucap General Manager PT Angkasa Pura II Dorma Manalu di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Bandung, Senin (5/12/2016).

Dorma mengatakan, konsep desain terminal internasional di Bandara Husein Sastranegara tak berbeda jauh dengan terminal domestik yang telah lebih dahulu direnovasi.

"Di domestik (desainnya) banyak dibantuk Pak Wali, interiornya juga. Di internasional kita minta juga ke Pak Wali. Konsep awalnya disamakan, tapi nanti ke depan akan ditingkatkan," ujar Dorma.

Dia menambahkan, terminal internasional di bangun di area lahan seluas kurang lebih 5000 meter persegi, relatif lebih kecil daripada terminal domestik yang mencapai 12000 meter persegi.

Anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 174 miliar. Dia berharap, keberadaan terminal internasional baru itu akan memikat para maskapai untuk menambah penerbangan internasional.

"Bandung-Thailand sedang kami sasar. Sempat ngomong juga ke Air Asia, bagaimana penerbangan Bangkok-Medan-Bandung. Secara prinsip mau bantu dan potensinya ada. Garuda katanya sedang coba jajal Singapura flight lima kali sehari," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com