Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Truk dengan Modus Bius Sopir

Kompas.com - 04/12/2016, 20:45 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BATANG, KOMPAS.com - Sempat 4 bulan dalam pencarian, akhirnya aparat Kepolisian Sektor Tulis, Batang, Jawa Tengah bersama tim Polres Subang, Jawa Barat, membekuk satu dari enam komplotan pencuri truk yang biasa beroperasi di Jalur Pantura.

Polisi meringkus Bobi (32), warga Kecamatan Patokbesi, Subang, Jawa Barat, saat berada di rumahnya pada Minggu (4/12/2016).

"Saat ini, pelaku sudah kami amankan di Polsek Tulis menyusul dua rekannya Buyung (67) dan Andi (22) yang ditangkap pada 14 September 2016 lalu," ujar Kapolres Batang AKBP Joko Setiono.

Saat beraksi, enam orang komplotan pencuri truk ini memilih korbannya yang sudah dikenal.

Bobi dan teman-temannya melakukan aksinya di Jalan Pantura Jrakahpayung, Tulis, Batang pada Kamis (25/8/2016) lalu dengan korbannya, IS yang merupakan sopir truk berjenis engkel.

Salah seorang pelaku, Oki yang mengenal korban beralasan akan menitipkan uang, lalu mengajak IS ke sebuah kafe dan membiusnya.

Setelah IS diberi obat bius, para pelaku berhasil membawa truk dan uang tunai Rp 2,5 juta serta membuang korban di daerah Kabupaten Pemalang.

Selanjutnya para pelaku menjual truk ke seorang pria dengan harga Rp 70 juta.

Para pelaku mengaku selama tahun 2016 sudah dua kali melakukan aksi yang sama dengan modus membius korbannya.

Sebelum di Batang, mereka mencuri truk di Pati.

"Akibat perbuatan tersebut, kedua pelaku akan dijerat dengan pasal 365, 363 KUHP, begitu pula dengan Bobi, akan dijerat dengan pasal yang sama," tegas Kapolres Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com