Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Undip Beri Gelar Doktor Kehormatan kepada Susi Pudjiastuti

Kompas.com - 02/12/2016, 18:01 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan mendapat gelar doktor kehormatan dalam upacara rapat senat terbuka di kampus Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (3/12/2016). Meski tak lulus sekolah menengah atas, Undip tetap kukuh memberikan gelar prestisius itu.

Lantas, apa alasannya? Ketua Senat Universitas Diponegoro Profesor Sunarso menjelaskan, pemberian gelar doktor kehormatan diberikan kepada seorang atas jasa dan kiprahnya selama ini.

Undip sebagai universitas berbadan hukum, kata dia, berhak mengajukan seorang menerima gelar honoris causa sesuai ketentuan yang berlaku. Senat Universitas kemudian menerima nama yang layak diberi gelar itu.

Pilihan nama jatuh kepada Susi Pudjiastuti yang dimohonkan rektor Undip melalui usulan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

“Undip bisa memberikan gelar doktor kepada seorang atas jasanya. Undip memandang ibu Susi telah mempunyai jasa dan kemakmuran atas rakyat dan bangsa Indonesia,” kata Sunarso.

Gelar honoris causa sendiri biasanya melekat pada sosok yang luar biasa. Menurut Sunarso, Susi masuk dalam kategori itu karena mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagaimana yang dilakukan di perguruan tinggi.

“Anugerah akan dilakukan besok pukul 10.00 WIB. hari ini gladi bersih pemberian gelar,” ujar Sunarso lagi.

Susi sendiri diketahui merupakan lulusan SMPN 1 Pangandaran lulus pada 1979. Sebelumnya ia menamatkan sekolah dasar di SDN 8 pangandaran kurun waktu 1971-1976. Ketika masuk SMA tahun 1980, Susi masuk di SMAN 1 Yogyakarta.

Di sekolah terakhirnya proses belajarnya tidak tuntas. Susi hanya sampai di bangku kelas dua pada tahun 1982. Namun demikian, Susi tetap sukses berkarir di luar akademik, dan menggeluti bidang usaha perikanan dan kelautan.

Susi dikenal karena mendirika PT Sisu Gorp yang membawahi PT ASI Pudjiastuti (Susi marine), PT Pudjiastuti Aviation (Susi Air), PT ASI Pudjiastuti Flying Schooldan PT ASI Geo-survey.

Sebelum Susi, Undip pada 2012 juga pernah memberikan gelar kehormatan kepada As’ad Said Ali, mantan wakil ketua Badan Intelijen Negara dan mantan Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dalam hukum. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com