Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas Pertanian Aceh: 261 Hektar Padi Terendam Banjir di Singkil

Kompas.com - 02/12/2016, 08:35 WIB
Masriadi

Penulis

ACEH SINGKIL, KOMPAS.com - Sekitar 261 hektar padi terendam banjir di Aceh Singkil.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh, Abubakar Karim kepada Kompas.com, Jumat (2/12/2016), menyebutkan, berdasarkan hasil pendataan pihaknya, luas sawah yang terendam banjir tersebar di Kecamatan Simpang Kanan, Danau Paris, Suro dan Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil.

"Secara umum, umur padi lebih dari 70 hari, bahkan ada yang sedang panen pada saat banjir datang. Untuk tanaman padi yang tidak dapat diselamatkan atau rusak berat, maka akan segera diganti benih padinya untuk segera ditanam kembali dengan menggunakan benih dari cadangan benih nasional (CBN), sesuai mekanisme yang ada," sebut Abubakar Karim.

Baca juga: Atasi Banjir, Aceh Singkil Akan Bangun Drainase Sepanjang 21 Kilometer

Untuk penyaluran bibit pengganti, sambung Abubakar, pihaknya menunggu usulan dari Dinas Pertanian Aceh Singkil.

"Benih pengganti sesuai berapa luas dinyatakan puso dikali 25 kilogram per hektar disalurkan setelah Distan Aceh Singkil mengajukan permintaan atas dasar luasan puso tersebut," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir merendam Aceh Singkil lima hari terakhir. Ribuan rumah terendam, sejumlah jembatan dan jalan ambles, serta suplai arus listrik terhenti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com