Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Indo Barometer: Elektabilitas Calon Petahana Kota Kupang Masih Unggul

Kompas.com - 27/11/2016, 18:23 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Hasil survei dari Indo Barometer November 2016, tercatat elektabilitas pasangan calon wali kota Kupang petahana Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus unggul atas rivalnya pasangan Jefirstson Riwu Kore-Hemanus Man.

Hasil survei itu disampaikan langsung oleh Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli, kepada sejumlah wartawan saat jumpa pers di Hotel Pelangi Kupang, Minggu (27/11/2016) petang.

Menurut Hadi, elektabilitas pasangan petahana dengan tagline ‘Sahabat’ ini sebesar 59 persen, sedangkan elektablitas pasangan Jefirstson Riwu Kore-Hemanus Man (FirManmu) sebesar 32,5 persen.

“Survei ini digelar mulai 10-16 November 2016 melibatkan 400 responden di seluruh kecamatan di Kota Kupang (enam kecamatan) yakni Kecamatan Oebobo, Alak, Kelapa Lima, Kota Lama, Kota Raja dan Maulafa. Paket Sahabat unggul 59 persen, Firmanmu 32,5 persen, sedangkan responden yang belum memutuskan 2 persen, tidak tahu 0,5 persen, dan rahasia sebesar 6 persen,” kata Hadi.

Kuatnya dukungan terhadap calon petahana lanjut Hadi, dapat dilihat dari berbagai aspek yakni tingkat pengenalan dan kesukaan terhadap Jonas Salean yang sangat tinggi, kinerja sang petahana selama menjabat sebagai wali kota dinilai publik cukup memuaskan.

Hadi mengatakan, metode penarikan sampel yang digunakan ialah multistage random sampling dengan margin error plus minus 5 persen pada tingkat kepercayaan masyarakat 95 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner yang disebar.

“Perlu diketahui bahwa dengan data-data yang ada, seandainya pilkada dilaksanakan hari ini, maka kita yakin 100 persen Jonas-Nikolaus menang telak,”ucap Hadi.

Untuk diketahui Pilkada Kota Kupang hanya diikuti oleh dua pasangan calon. Keduanya adalah calon petahana. Jonas Salean adalah Wali Kota Kupang saat ini dan Hermanus Man adalah Wakil Wali Kota Kupang.

Dua calon petahana ini akan bertarung pada pemilu kepala daerah Kota Kupang yang digelar 15 Februari 2017 mendatang. Jonas Salean-Nikolaus Frans didukung oleh sejumlah partai besar, seperti Golkar, PDI Perjuangan, Nasdem, dan Hanura.

Sementara Jefri Riwu Kore-Hermanus Man didukung Partai Demokrat dan Gerindra serta PAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com