Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Temukan Koordinat Lokasi Helikopter TNI yang Hilang Kontak

Kompas.com - 24/11/2016, 21:20 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Helikopter TNI AD jenis Bell 412 EP dengan nomor penerbangan HA-5166 dipastikan berada tidak jauh dari perbatasan Indonesia dan Malaysia. Helikopter terpantau berada di titik 03°48'54.0N 116°03'03.6E.

Kepala Basarnas Balikpapan Mujiono  mengungkapkan, pada titik koordinat itu helikopter berada di 176, 33 Km dari Bandara Juwata di Tarakan dan 40 Km dari Long Bawan sebagai titik seharusnya tiba.

"Long Bawan itu sudah daerah perbatasan. Berarti kira-kira 45 Km dari perbatasan," kata Mujiono, Kamis (24/11/2016).

"99 persen helikopter berada di titik koordinat itu. 100 persennya kalau kita tiba di sana," kata Mujiono.

Kawasan dimana helikopter berada merupakan hutan lebat dengan kontur bukit dan lembah dengan kemiringan lebih dari 45 derajat. Mujiono juga memastikan kawasan itu juga masuk dalam Taman Nasional Kayan Mentarang.

Namun pihaknya belum bisa memastikan mengenai nasib awak dan penumpangnya maupun kondisi helikopter. "Apakah itu mendarat darurat atau jatuh belum bisa dipastikan. Begitu juga kondisi awak. Hanya bisa dipastikan bila sudah tahu posisinya ada di sana (hutan TN Kayan Mentarang)," kata Mujiono.

Helikopter TNI terbang membawa logistik milik TNI dari Juwata menuju Long Bawan. Selain itu, helikopter membawa 3 pilot dan 2 mekanik yang semuanya adalah tentara.

Helikopter terbang pukul 10.54 dan dijadwalkan tiba di Long Bawan pukul 11.55. Heli belum tiba hingga Rabu sore membuat semua unsur penyelamatan, baik TNI, bandara, Airnav, Basarnas, menyepakati untuk melakukan pencarian lewat udara dan darat.

"Pencarian berlangsung besok. Malam ini pematangan rencana," kata Mujiono.

Sementara itu, sampai saat ini informasi dari pihak Kodam VI Mulawarman atas kejadian ini. 

Baca: Heli TNI Hilang Kontak di Wilayah Perbatasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com