Bupati Bengkulu Selatan Bebaskan 7 Warga yang Dipasung

Kompas.com - 21/11/2016, 18:56 WIB
Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud bersama petugas Dinas Kesejahteraan Sosial setempat melepas keberangkatan warganya yang dipasung karena mengalami keterbelakangan mental ke rumah sakit jiwa. Kontributor Bengkulu, FirmansyahBupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud bersama petugas Dinas Kesejahteraan Sosial setempat melepas keberangkatan warganya yang dipasung karena mengalami keterbelakangan mental ke rumah sakit jiwa.
|
EditorFarid Assifa

BENGKULU, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh warga yang mengalami keterbelakangan mental dan dipasung oleh pihak keluarga dibebaskan oleh Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud, Senin (21/11/2016).

Pembebasan tujuh warga yang mengalami keterbelakangan mental itu dipimpin langsung bupati bersama Dinas Sosial dan Kesejahteraan Sosial, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

Tujuh warga tersebut yakni Arison, warga Masat; Guntur, warga Desa Darat Sawah, Kecamatan Seginim, Markoni Desa Padang Manis; Rusnawati, warga Gunung Kayu; Gandri, warga Air Nipis dan; Ahyar, warga Ulu Manna.

Ketujuh warga tersebut diantar ke Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Provinsi Bengkulu. Adapun pembiayaan perawatan mereka dibiayai APBD melalui Dinas Sosial.

"Saudara kita ini berhak untuk mendapatkan perlakuan yang sama seperti kita. Saya memerintahkan kepada seluruh camat dan kepala desa untuk memantau di setiap daerahnya, kalau ada yang dipasung untuk segera dilaporkan," ujarnya.

Bupati juga berjanji akan menyediakan anggaran untuk membiayai perawatan masyarakatnya yang mengalami gangguan mental agar mereka tidak dipasung lagi.

"Saya berjanji, ke depannya nanti tidak akan ada lagi di Bengkulu Selatan ada warga yang dipasung. Kita akan anggarkan untuk mereka, tidak akan ada lagi warga kita yang telantar seperti hari ini," tambahnya.

Ketujuh warga itu diantar langsung oleh petugas dinas sosial setempat ke RSJKO untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan secara layak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X