Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-71 Korps Marinir di Jayapura, 50 Penyelam Tanam Terumbu Karang

Kompas.com - 12/11/2016, 12:27 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak 50 penyelam menanam terumbu karang di sejumlah area di perairan Kota Jayapura, Sabtu (12/11/2016).

Kegiatan penanaman ini untuk memperingati acara ulang tahun ke-71 Korps Marinir, salah satu kesatuan di TNI Angkatan Laut.

Kegiatan yang bertempat di Pelabuhan Porasko, Distrik Jayapura Utara, ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIT.

Sebanyak 50 penyelam berasal dari Korps Marinir, kantor SAR Jayaura, Dinas Perikanan Pemprov Papua, dan sejumlah komunitas penyelam di Jayapura, terlibat dalam penanaman terumbu karang.

Dalam kegiatan itu, Wakil Pimpinan BNI Wilayah Papua Michael Monintja juga menyerahkan bantuan dana untuk kegiatan bina lingkungan bagi Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura sebesar Rp 60 juta.

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura, Letkol Mar Marthin Luther Ginting saat ditemui di Pelabuhan Porasko, mengatakan, kegiatan penanaman terumbu karang sudah berlangsung selama dua kali sejak tahun 2015 lalu.

“Tujuan kegiatan ini untuk menyelamatkan terumbu karang yang rusak karena aktivitas penangkapan ikan dengan menggunakan bom. Padahal, terumbu karang adalah sumber protein yang dikonsumsi ikan,” kata Marthin.

Ia menuturkan, anggota marinir di Jayapura juga bertugas untuk merawat terumbu karang di sejumlah titik lokasi di Perairan Jayapura secara kontinu.

“Kegiatan perawatan terumbu karang berlangsung sebanyak satu kali per tiga bulan. Dari hasil pemantauan selama ini, sebanyak 20 persen terumbu karang di wilayah laut Kota Jayapura yang mengalami kerusakan. Karena itu, kami berkomitmen agar kegiatan penanaman dan perawatan terumbu karang harus terus berlanjut,” tutur Marthin.

Bripda Fauziah Amisalim (21), salah satu peserta dari Komunitas Selam Molo, mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan penanaman molo.

“Menurut saya, perlindungan terumbu karang bukan hanya tugas anggota Marinir saja. Seluruh pihak harus terlibat untuk menjaga kelestarian terumbu karang,” ujar wanita yang bertugas di Sekolah Polisi Negara Jayapura ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com