Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Berturut-turut, Pacitan Diguncang Gempa

Kompas.com - 11/11/2016, 10:37 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PACITAN, KOMPAS.com - Dua hari berturut-turut, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, diguncang gempa.

Sehari sebelumnya, Kamis (10/11/2016) sekitar pukul 15.15 WIB, gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang mengguncang daerah kelahiran mantan Presiden SBY ini. Hari ini, Jumat (11/11/2016), dilaporkan gempa tektonik berkekuatan 5,2 SR kembali mengguncang Pacitan sekitar pukul 07.26.44 WIB.

Guncangan gempa hari ini bahkan sampai terasa di Ponorogo dan Madiun.

Dilansir oleh situs resmi BMKG, pusat gempa berkekuatan 5.2 SR dengan kedalaman 10 Km itu berada di koordinat 9.03 LS - 111.29 BT, wilayah 96 km Tenggara Pacitan. Meski berkekuatan 5,2 SR, namun gempa pagi itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan, Pujono, yang dihubungi Kompas.Com merasakan gempa pagi ini dan kemarin. Namun kekuatan guncangannya tidak sama antara satu wilayah dengan wilayah lain.

"Di kecamatan Tulakan dan Sudimoro guncangannya sangat terasa. Hanya saja guncangannya sesaat saja. Sementara di kecamatan lain tidak terasa," katanya.

Menurut Pujono, guncangan gempa hari ini lebih terasa dibandingkan kemarin. Kendati demikian, sejauh ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa. "

Sementara ini zero," katanya.

Dia menambahkan, BPBD Pacitan terus berkoordinasi dengan aparat pemerintah di kecamatan bila mendapatkan informasi kerusakan akibat gempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com