Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Petugas Tiket Wisata Terjaring Operasi Saber Pungli Trenggalek

Kompas.com - 08/11/2016, 18:42 WIB
Slamet Widodo

Penulis

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar Polres Trenggalek, Jawa Timur, mengamankan 16 petugas loket wisata terkait dugaan manipulasi tiket masuk kawasan wisata.

Kepala Polres Trenggalek AKBP I Made Agus Prasetya mengatakan, sebelumnya tim Saber Pungli melakukan pemeriksaan internal kepolisian.

Setelah itu, tim tersebut diperintahkan melakukan penyelidikan terhadap pos-pos layanan yang rawan terhadap praktik pungli.

Sedikitnya tiga lokasi yang menjadi sasaran tim Saber Pungli dalam operasi tangkap tangan, yakni Pantai Pasir Putih, Pantai Karanggongso di Kecamatan Watulimo, dan wisata Pantai Pelang di Kecamatan Panggul.

"Operasi Saber di sejumlah kawasan wisata ini hasil laporan warga bahwa sering terjadi manipulasi tiket masuk bagi pengunjung," ujar Kepala Sub Bagian Humas Polres Trenggalek Iptu Adit Suparno.

Menerima laporan warga, tim yang terdiri dari anggota Satuan Reserse Mobil Polres Trenggalek melakukan penyelidikan secara tersebar ke sejumlah lokasi wisata pada Minggu (7/11/2016).

Hasilnya, sejumlah petugas tiket masuk wisata diduga melakukan manipulasi tiket masuk dengan cara tiket yang diberikan ke pengunjung tidak sesuai dengan jumlah yang ada.

Setelah penyelidikan di pos tiket masuk oleh polisi, ditemukan adanya selisih jumlah uang dan jumlah sobekan tiket yang tidak sesuai.

Petugas yang diduga melakukan manipulasi dibawa ke Mapolres Trenggalek dan ditangani oleh Satuan Reserse Kriminal Unit Pidana Korupsi.

Kini barang bukti berupa puluhan bendel sobekan tiket beserta uang ratusan ribu dan 16 petugas pos wisata diamankan di Mapolres Trenggalek untuk penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com