Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Begal, Ridwan Kamil Siapkan 500 Petugas

Kompas.com - 07/11/2016, 15:50 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung akan merekrut 2.000 pekerja harian lepas untuk mengatasi segudang persoalan di Kota Bandung. Dari jumlah itu,  500 di antaranya akan ditugaskan membantu kepolisian menjaga kondusifitas Kota Bandung di malam hari.

Selain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan, hadirnya 500 petugas keamanan itu diharapkan jadi solusi terhadap isu kejahatan di malam hari yang belakangan marak terjadi di Bandung.

"Sekitar 500 orang dari 2.000 lowongan untuk penjagaan keamanan di malam hari. Untuk menghadapi isu-isu begal, keamanan dan lain-lain," kata Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (7/11/2016).

Para petugas keamanan itu, kata Emil, nantinya akan ditempatkan dititik yang dianggap masyarakat rawan kejahatan.

"Kami akan mendukung tugas kepolisian dengan menempatkan 500 petugas baru ditempatkan titik-titik yg dilaporkan warga mengalami kerawanan," ujarnya.

Emil berpendapat, banyak persoalan di Bandung harus diimbangi dengan ketersediaan sumber daya manusia. Saat ini, kata dia, terbatasnya jumlah personel membuat Pemkot Bandung kewalahan merespons keluhan masyarakat.

"Selama ini linmas dan Satpol PP bergerak, dan karena selama ini cakupannya luas dia bolak-balik. Terganggu ketertiban setiap lewat ada keruwetan, beres besok, minggu depannya curi-curi lagi. Ini resiko urus rumah besar maka pembantunya harus besar (banyak)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com