Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Go Sigap Polres Gresik Bakal Dipamerkan di Korea Selatan

Kompas.com - 07/11/2016, 11:26 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan mengatakan, aplikasi Go Sigap yang memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat selama 24 jam akan diikutkan pada pameran inovasi pelayanan publik di kota Busan, Korea Selatan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Pameran tersebut akan digelar mulai 9 sampai 11 November 2016.

“Surat pemberitahuannya sudah kami dapatkan sejak beberapa hari lalu, dan malam nanti saya bersama tim akan langsung terbang ke Busan untuk mengikuti pameran tersebut,” tutur Adex, Senin (7/11/2016).

“Ada tiga polres yang akan terlibat dalam pameran selama tiga hari nanti. Selain Gresik, juga ada Polres Sidoarjo dan Jember, yang sama-sama akan memperkenalkan aplikasi pelayanan online di Busan,” lanjut dia.

Baca juga: Polres Gresik Luncurkan Aplikasi Go Sigap, Layani Aduan Warga hingga Urus SIM

Adex menyebutkan aplikasi milik Polres Sidoarjo yang akan ikut dipamerkan adalah pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) online dan SKCK online keliling.

Sementara aplikasi punya Polres Jember adalah WAR (We Are Ready).

Selain itu, ada aplikasi ATM Samsat milik Polda Jawa Timur juga bakal dihadirkan dalam pameran di Korsel.

“Kami semua akan berangkat ke Busan, dalam rangka mewakili Polri. Di mana di Busan nantinya, kami akan memperkenalkan aplikasi masing-masing kepada para pengunjung pameran,” jelas Adex.

Aplikasi Go Sigap menyediakan layanan pengaduan bagi masyarakat yang mengalami tindak kriminal dalam teritori Polres Gresik, dengan hanya sekali sentuh.

Dengan hanya menekan tanda bantuan pada aplikasi Go Sigap, maka petugas kepolisian terdekat akan langsung mendatangi tempat kejadian perkara dengan petunjuk yang diperoleh melalui GPS.

“Aplikasi Go Sigap sendiri sudah kami coba sejak 1 September 2016, dan sejauh ini telah berhasil menangani beberapa kasus kriminal dan beberapa pelayanan lain. Di mana fitur terbaru, dalam aplikasi Go Sigap saat ini sudah ada chat room, yang sebelumnya tidak ada,” jelasnya.

Selain bantuan penanganan tindak kriminal, aplikasi Go Sigap juga memiliki fitur layanan lain, yakni pengurusan surat kehilangan STNK, pembuatan SKCK, hingga layanan untuk pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Bahkan, aplikasi Go Sigap ini juga terkoneksi secara langsung dengan rumah sakit, pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Telkom, dan beberapa instansi lain.

Aplikasi Go Sigap memiliki kapasitas file sebesar 12,84 MB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com