Jajaki Kerja Sama, Pemerintah Kota Nonsan Korsel Akan Kunjungi Malang - Kompas.com

Jajaki Kerja Sama, Pemerintah Kota Nonsan Korsel Akan Kunjungi Malang

Kompas.com - 04/11/2016, 12:39 WIB
Kontributor Malang, Andi Hartik Kepala Urusan Konselor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Korea Selatan, Aji Surya (kiri) dan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji saat di Balai Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (4/11/2016)

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Nonsan, Provinsi Chungcheong Selatan, Korea Selatan, menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Nonsan akan mendatangi Kota Malang sebagai tindak lanjut dari tawaran kerjasama tersebut.

Kepala Urusan Konselor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Korea Selatan, Aji Surya mengatakan, ada sejumlah sektor yang sudah berjalan di Kota Nonsan dan bisa diadopsi oleh Pemerintah Kota Malang. Salah satunya tentang sistem transportasi.

Menurut dia, sistem transportasi di Kota Nonsan cukup tertata. Apalagi, semua kendaraan umum di kota itu sudah bisa dipantau lewat handphone. Hal itu untuk memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan transportasi umum tersebut.

"Semua kendaraan umum bisa dipantau lewat ponsel. Kalau di Malang bisa, itu luar biasa," katanya di Balai Kota Malang, Jumat (4/11/2016).

Sektor lain yang bisa dicontoh dari Kota Nonsan adalah soal budaya masyarakat dalam membuang sampah. Di sana, masyarakat sudah terbiasa membawa tempat sampah sendiri. Sehingga hampir tidak ditemukan sampah yang terbuang sembarangan.

"Di sana, hampir tidak ada orang yang buang sampah. Bahkan tempat sampah pun sedikit. Sehingga harus bawa tempat sampah sendiri," ungkapnya.

Kejujuran masyarakatnya juga menjadi keunggulan Kota Nonsan yang bisa ditiru oleh Kota Malang. Aji juga menyebut bahwa sistem pertanian di Korea Selatan cukup bagus.

Menurut dia, Korea Selatan merupakan negara yang minim lahan pertanian sebab wilayah Korea Selatan terdiri dari 75 persen pegunungan dan 25 persen lainnya merupakan pemukiman dan lahan pertanian. Namun produktivitas pertanian di Korea Selatan cukup tinggi.

"Di sana, menanam cabe hanya untuk menanam cabe yang subur sehingga lahan sedikit bukan soal," ungkapnya.

Kota Nosan merupakan kota dengan 130.000 penduduk. Termasuk kota yang sejuk, memiliki kekuatan dibidang agriculture, pendidikan dan lingkungan. Hal itu dianggap memiliki kemiripan dengan Kota Malang.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan, pihaknya akan menawarkan produk olahan pertanian kepada Pemerintan Nonsan dalam rangka jalinan kerja sama itu.

"Berarti kami ambil yang tidak ada di sana. Seperti bakso, bagaimana orang disana suka dengan bakso," ungkapnya.

Jika jalinan kerjasama itu terealisasi, Kota Malang merupakan kota ke 19 di Indonesia yang menjalin kerja sama sistercity dengan kota-kota di Korea Selatan. Sebab sudah ada 18 kota dan provinsi di Indonesia yang menjalin kerjasama sistercity dengan kota dan provinsi di Korea Selatan.


EditorCaroline Damanik

Close Ads X