Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Pencopet di Konser Musik Ditangkap, Sindikatnya Diburu

Kompas.com - 04/11/2016, 07:27 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Banyaknya sindikat pencopet yang beraksi saat konser grup musik Tipe-X di Alun-Alun Kota Ponorogo menjadi penyebab ratusan penonton kecopetan telepon seluler, Rabu (2/11/2016) malam.

Setelah polisi menangkap satu tersangka, terungkap bahwa tersangka berkomplot dengan tiga orang lain yang buron.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Ponorogo AKP Sudarmanto menyatakan, tersangka AF (41), warga Desa Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang, tertangkap basah saat mencopet ponsel milik Waris Hananto, warga Ponorogo.

Saat diperiksa polisi, AF mengaku tak sendirian melakukan aksinya. Bersama tiga rekannya yang ditemui di Nganjuk, mereka beraksi bersama-sama mencopet penonton yang terlena saat menonton konser Tipe-X.

"Sebelum menuju Ponorogo, tersangka AF bertemu tiga temannya di Nganjuk. Kedatangan mereka ke Ponorogo ingin menjambret barang berharga milik penonton dengan sasaran utama handphone," kata Sudarmanto, Kamis (3/11/2016).

Tersangka AF merobek tas milik korban dengan silet dan mengambil barang berharga, seperti handphone.

Untuk tiga tersangka lainnya, polisi masih terus mengejar tiga rekan AF. Polisi terus juga menyelidiki kemungkinan keterlibatan jaringan copet lainnya dalam konser Tipe-X dan Endank Soekamti.

Sudarmanto mengatakan, barang yang hilang bukan hanya ponsel. Ada pula korban yang mengaku kehilangan dompet, uang, dan perhiasan.

Sebanyak 93 orang korban telah melapor ke Mapolres Ponorogo, Kamis pagi. Mereka mengadu kehilangan ponsel yang mereka simpan di saku celana ataupun tas.

"Saya sadar kalau handphone hilang ketika merogoh saku celana. Saya tidak sadar saat pencopet merogoh saku celana kanan saya," kata Luke Bimbi, warga Jalan Wilis, Kota Ponorogo kepada Kompas.com, Kamis pagi, di Mapolres Ponorogo.

Luke mengaku kehilangan ponsel Asus Zenfone 2 seharga Rp 2 juta. Saat kecopetan, ia berada tidak jauh dari panggung konser.

Miko Pratama, warga jalan Sawo, Kota Ponorogo, juga kecopetan ponsel Asus Zenfone saat nonton konser tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com