Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Medan Mendadak Pimpin Bersih-bersih Pasar

Kompas.com - 01/11/2016, 22:26 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Wakil Wali Kota Akhyar Nasution mendadak mengunjungi Pasar Petisah, Medan.

Keduanya memimpin langsung pembersihan dan penataan pasar tradisional modern itu supaya terlihat rapi dan apik.

Usut punya usut, rupanya besok, Rabu (12/11/2016), istri Presiden Joko Widodo Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla akan melakukan kunjungan kerja ke pasar tersebut.

Puluhan petugas dari Dinas Bina Marga Pemkot Medan terlihat melakukan penyedotan lumpur dari genangan air, menimbun jalan yang berlubang dengan tanah, dan mencabut plang-plang nama milik organisasi kepemudaan (OKP) yang terpanjang di beberapa titik.

Sementara, puluhan petugas Satpol PP dibantu petugas kelurahan dan kecamatan mendatangi setiap pedagang yang berjualan di atas trotoar. Memerintahkan agar para pedagang yang didominasi pedagang kaki lima mengosongkan lapak dagangan yang menggunakan badan pedestarian.

"Kami minta para pedagang yang berjualan di atas trotoar segera mengosongkan lokasi karena akan dilakukan penataan," kata Kepala Satpol PP Kota Medan, Muhammad Sofyan, Selasa (01/11/2016).

Seorang pedagang yang tak mau namanya disebut mengatakan, penertiban tersebut dilakukan secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

"Kami enggak ada dikasih tahu, tiba-tiba aja Satpol PP mendatangi, terus minta kami supaya tidak jualan di sini," katanya.

Boru Sihombing, pedagang celana pendek mengaku kesal dengan penertiban tersebut. Dia merasa diperlakukan tak adil mentang-mentang rakyat kecil.

Menurutnya, penertiban hanya dilakukan saat ada pejabat datang. Kalau tidak, pedagang dibiarkan begitu saja.

"Mentang-mentang istri Presiden mau datang, dianggap merusak pemandangan lah kami. Suka-suka orang itu aja buat kami rakyat kecil ini. Barulah semua dirapiin, dibetulin, dibersihkan, biar dibilang bagus, nipu aja," katanya sambil tergopoh-gopoh mengangkat barang dagangannya.

Sesuai informasi yang beredar, Iriana dan Mufidah akan tiba di Kuala Namu Internasional Airport (KNIA) di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, sekitar pukul 10.00 WIB.

Didampingi istri Gubernur Sumatera Utara, Evi Diana Erry Nuradi, rombongan akan meninjau PAUD Miftahul Jannah di Jalan Batang Kuis-Tanjung Morawa, Gang Seri Dusun VII, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan bus.

Kemudian meninjau aula Madinatul Hujjaj di Asrama Haji Medan, mengunjungi Universitas Sumatera Utara (USU), lalu ke Pasar Petisah di Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Sebelum balik ke Jakarta, kedua ibu negara itu menyempatkan diri mengunjungi Dekranasda Provinsi Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com