Polisi Sukabumi Gagalkan Penyelundupan Ribuan Bayi Lobster

Kompas.com - 28/10/2016, 18:04 WIB
Kapolres Sukabumi, AKBP Ngajib memperlihatkan barang bukti benur lobster saat jumpa pers di Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (28/10/2016). Kontributor Sukabumi, Budiyanto Kapolres Sukabumi, AKBP Ngajib memperlihatkan barang bukti benur lobster saat jumpa pers di Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (28/10/2016).
|
EditorFarid Assifa

SUKABUMI, KOMPAS.com - Polres Sukabumi menggagalkan penyelundupan ribuan ekor benur (bayi udang lobster) dari wilayah perairan laut Teluk Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (26/10/2016) sekitar pukul 20.00 WIB.

Polisi telah mengamankan seorang pelaku, Mis alias Bakik (35), warga Kampung Tugu, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

Petugas juga menyita 3.256 ekor benur lobster dalam keadaan hidup, satu unit ponsel dan slip bukti transfer uang.

"Pelaku ditangkap saat akan transaksi dan mengirimkan ribuan lobster ke pemesannya di wilayah lapang Cibangban, Desa Pasirbaru, Cisolok," ungkap Kepala Polres Sukabumi AKBP Muhamad Ngajib dalam jumpa pers di Palabuhanratu, Jumat (28/10/2016) siang.

Baca juga: Praktik Jual Beli Bayi Lobster Senilai Rp 3 Miliar Terbongkar

Menurut dia, terungkapnya kasus penangkapan ikan ilegal (illegal fishing) ini berdasarkan laporan warga yang langsung ditindaklanjuti penyelidikan. Hingga akhirnya, pelaku ditangkap berikut barang buktinya.

"Pengakuan tersangka, ribuan ekor benur lobster ini sudah dipesan seseorang berinisial Mr Yu melalui kurirnya. Sekarang kami masih mengembangkan perkaranya," ujar dia.

Perbuatan tersangka, lanjut Ngajib, dapat dijerat Pasal 92 atau Pasal 88 Undang-undang Nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan dengan ancaman delapan tahun penjara.

Tersangka Mis alias Bakik mengaku, ribuan benur lobster tersebut dibeli seseorang dan akan dikirim ke Jakarta. Namun dia tidak mengenali pembelinya, karena barangnya diambil kurir.

"Baru dua kali, yang pertama beberapa hari lalu. Sama yang sekarang," aku Mis kepada wartawan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X