Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Salatiga, Rudi-Dance Nomor 1, Yaris Nomor 2

Kompas.com - 26/10/2016, 06:06 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Salatiga yang digelar oleh KPU setempat, Selasa (26/10/2016) diwarnai adu yel-yel dari kedua pasangan calon.

Kedua pasangan calon, baik pasangan petahana Yuliyanto-Muh Haris (Yaris) maupun rivalnya, Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudi-Dance) mengaku tidak mempermasalahkan nomor urut yang akan mereka dapat.

"Itu nanti tinggal ini tangan yang kuasa membawa nomor berapa tidak ada persoalan, satu atau dua tidak ada persoalan," kata Agus Rudianto, calon yang diusung oleh koalisi PDIP dan PKB ini.

"Satu boleh, dua juga enggak apa-apa. Semua insya Allah bisa membawa berkah," ucap Yuliyanto.

Saat tiba pada acara pengundian nomor urut, pasangan Yuliyanto-Muh Haris yang memperoleh kesempatan pertama mengambil nomor didalam sebuah kotak, memperoleh nomor urut dua. Sedangkan pesaingnya, Rudi-Dance secara otomatis memperoleh nomor urut satu.

Menanggapi perolehan nomor urut ini, Yuliyanto yang diusung oleh koalisi dari Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Gokar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan ini mengatakan, nomor urut dua ini baginya sarat makna, yakni dirinya yang berpasangan dengan Muh Haris akan memperoleh kesempatan kedua untuk memimpin kembali kota Salatiga.

"Insya Allah melalui nomor urut 2, kita bisa meraih kemenangan di periode kedua ini. Kita bisa memimpin Salatiga di lima tahun mendatang. Apa yang kurang optimal akan dioptimalkan kembali. Prinsip, kami akan lanjutkan," kata dia.

Sementara itu Agus mengaku, nomor urut 1 yang diperolehnya sesuai dengan keinginan dirinya, keluarga dan tim pemenangan.

"Nomor urut satu ini ternyata sesuai feeling saya tadi malam. Saya bersama keluarga termasuk beberapa tim ada feeling jika memperoleh nomor satu dan nomor ini menjadi tanda-tanda kemenangan dalam pilkada ini," ujar Agus Rudianto yang diusung oleh PDI-P dan PKB ini.

Seusai pengambilan nomor urut, acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Pilkada damai oleh kedua pasangan calon walikota dan wakil walikota Salatiga. Mereka juga menandatangani ikrar pilkada damai sebagai komitmen untuk menjaga kondusivitas kota Salatiga selama berlangsungnya tahapan-tahapan Pilkada.

Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati menyampaikan selamat kepada kedua pasangan calon yang akan memperebutkan suara terbanyak pada Pilkada serentak 2017 mendatang.

"Kami berharap bahwa penyelenggaraan pilkada ini adalah hajat kita bersama, dapat berjalan dengan aman lancar dan berintegral serta berbudaya. Dan semua pihak dapat mentaati aturan," kata Putnawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com