Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suran Agung, Ribuan Pesilat Bakal Banjiri Madiun

Kompas.com - 14/10/2016, 14:21 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Sebanyak 6.000 anggota perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) Tunas diperkirakan akan membanjiri Suran Agung  dalam rangka tahun baru Islam 1438 Hijriah yang digelar di Kota Madiun, Minggu (16/10/2016). Untuk menjaga kelancaran dikerahkan 1.500 aparat selama acara berlangsung.

"Tak hanya aparat saja, saat ini terdata ada 1.500 korlap dari PSHW Tunas Muda yang juga akan mengamankan kegiatan Suran Agung nanti," kata Kapolresta Madiun, AKBP Susatyo Purnomo Condro seusai menjadi irup gladi bersih pengamanan Suran Agung 2016 di halaman Mapolresta Madiun Kota, Jumat (14/10/2016).

Untuk 1.500 aparat yang dikerahkan merupakan gabungan dari Polri dan TNI. Namun kehadiran aparat keamanan hanya membantu satuan tugas pengamanan dari internal PSHW Tunas Muda.

Ia mengharapkan, satgas dari PSHW tegas mengatur massanya sehingga tertib sehingga tidak berbenturan dengan petugas.

"Kami minta satgas tertibkan sendiri. Sehingga tidak ada gesekan," kata Susatyo.

Ia juga meminta koordinator lapangan jangan memprovokasi dan over acting. Bila menjadi provokator tidak akan ada alasan pemaaf untuk tidak diproses hukum. Kepada aparat yang berjaga,

Susatyo menegaskan masa pesilat bukan musuh. Ia meminta aparat yang bertugas tidak ada patroli show force.

"Ribuan masa bukan ancaman yang harus dihadapi dengan kekuatan yang luar biasa," ujarnya.

Adapun untuk lokasi parkir seluruh peserta Suran Agung dipusatkan di jalan ring road Kota Madiun. Selain itu, rekayasa lalu lintas pada hari tersebut juga akan diatur Satlantas Polresta Madiun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com