Rombak Sistem, Risma Pastikan Layanan E-KTP Sehari Jadi

Kompas.com - 05/10/2016, 11:40 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Kontributor Surabaya, Achmad FaizalWali Kota Surabaya Tri Rismaharini
|
EditorErlangga Djumena

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, langsung merombak sistem pelayanan e-KTP usai menemukan pelayanan yang berbelit di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) saat sidak beberapa waktu lalu.

Saat ini, kata Risma, warga tidak perlu lagi bolak-balik sampai empat kali untuk mengurus dokumen persyaratan e-KTP, karena pembuatan hanya memerlukan waktu satu hari.

"Sekarang sehari sudah jadi, tanpa harus bolak-balik," katanya, Rabu (5/10/2016).

Pelayanan berbelit dalam pengurusan dokumen kependudukan menurut Risma justru tidak mencerminkan semangat penggunaan sistem elektronik.


“Kalau pakai elektronik itu seharusnya lebih simpel. Lha kalau tambah ribet, buat apa pakai sistem elektronik,” tegasnya.

Setelah melakukan perombakan sistem layanan, kata Risma, terbukti pengurusan  e-KTP dapat selesai dalam waktu satu hari. Dengan begitu, warga tak perlu kehilangan banyak waktu dalam mengurus e-KTP karena sistemnya sudah dibenahi.

Pertengahan September lalu, Risma marah saat mengetahui pelayanan e-KTP di Dispendukcapil berbelit. Dia mendapat laporan warga yang sampai empat kali bolak-balik ke kantor Dispendukcapil untuk mengurus e-KTP. Video Risma marah sempat beredar di media sosial. 

Baca: Ketika Risma Mengamuk di Kantor Disdukcapil Kota Surabaya

Kompas TV Risma Marah Saat Sidak EKTP

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X