KA Ambarawa Ekspress Diluncurkan, Semarang-Surabaya Ditempuh 5 Jam

Kompas.com - 04/10/2016, 09:26 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin KA Ambarawa Ekspress jurusan Semarang-Surabaya diluncurkan di Semarang, Selasa (4/10/2016) pagi tadi.

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia akhirnya meluncurkan layanan perjalanan dari Kota Semarang menuju Surabaya, Selasa (4/10/2016) pagi ini. Satu rangkaian gerbong KA Ambarawa Ekspress melayani penumpang setiap harinya.

KA Ambarawa Ekspress mempunyai kapasitas 640 tempat duduk dari 8 kereta kelas ekonomi AC. Kereta ini berangkat dari Stasiun Poncol pukul 07.00 WIB dan 07.15 WIB dari Stasiun Tawang. Rangkaian kereta sampai di Kota Surabaya di Pasar Turi pada pukul 11.55 WIB.

Adapun harga tiket terjauh untuk layanan ini mencapai Rp 80.000.

Kepala PT KAI Daerah Operasi IV Semarang Andika Tri Putranto mengatakanm KA Ambarawa Ekspress tidak lagi menggunakan mesin diesel seperti dua layanan kereta api sebelumnya. KA baru ini menggunakan mesin baru dengan kecepatan yang lebih tinggi.

"Jadi waktu bisa lebih cepat, dulu mesin KRB dengan kecepatan terbatas. Dulu KA sebelumnya mesinnya sudah tua, KA Ambarawa ini baru dua tahun ini," kata Andika, seusai peluncuran di Stasiun Poncol, pagi ini.

Sebelumnya kereta dari Semarang ke Surabaya dilayani Blora Jaya dan Cepu Ekspress. Seiring dioperasionalkannya KA Ambarawa Ekspress, dua layanan KA tersebut dihentikan.

Andika memastikan, meski layanan dua kereta dihentikan, pelayanan kepada penumpang akan tetap baik. Ia memastikan para penumpang justru bisa lebih nyaman dengan kereta yang baru lantaran dilengkapi pendingin, hingga dudukan kursi 2-2.

"Ini jadi pelayanan lebih, di samping kapasitas yang lebih besar," ucap dia.

Andika menambahkan, layanan KA Ambarawa bukan berarti rute tersebut dari Ambarawa ke Surabaya. Nama Ambarawa hanya diambil karena daerah itu lekat dengan masa heroik para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan.

"Ini bukan Ambarawa-Surabaya, kita hanya ambil nama di Surabaya. Perjuangan Ambarawa yang heroik itu kami ambil, mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik," ujar dia.

"Bisa menambah kontribusi pelayanan transportasi, semoga ini juga menjadi simbol di masyarakat," katanya.

Kepala Dishubkominfo Jateng Satrio Hidayat mengatakan, layanan ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang hendak ke Blora, Bojonegoro atau Surabaya. Rute ini diperkirakan akan digandrungi penumpang seiring perjalanan waktu.

"Saya kira daya beli ini banyak, karena (segmen) menengah ke bawah dengan hadapan orang yang bekerja di Surabaya mampu beraktivitas, bisa sering ketemu keluarga," papar Satrio.

Layanan dari Ambarawa Ekspress ini akan melewati Stasiun Ngombo, Jambon, Kradenan (Grobogan) Doplang, Randublatung, Cepu (Blora), Bojonegoro, Babat, Lamongan dan Pasar Turi. Untuk pemberangkatan dari Surabaya pada pukul 13.00 untuk setiap harinya dan sampai Semarang pukul 17.53 WIB. 


EditorErlangga Djumena

Close Ads X