Rayakan Tahun Baru Islam, Nelayan Pinrang Pawai dengan 40 Perahu Hias

Kompas.com - 03/10/2016, 13:37 WIB
Ratusan warga Pinrang, Sulawesi Selatan, menggelar tradisi 1 Muharam dengan cara berpawai di laut menggunakan 40 perahu hias, Senin (3/10/2016). Kontributor Kompas.com, JuanediRatusan warga Pinrang, Sulawesi Selatan, menggelar tradisi 1 Muharam dengan cara berpawai di laut menggunakan 40 perahu hias, Senin (3/10/2016).
|
EditorFarid Assifa

PINRANG, KOMPAS.com - Nelayan asal Desa Ujung Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, merayakan 1 Muharam atau tahun baru Islam.

Sebanyak 40 kapal dan perahu hias mengikuti pawai di perairan Pinrang hingga ke perairan Parepare Sulawesi Selatan, Senin (3/10/2016).

Perahu-perahu itu tampak disesaki ratusan warga, pemuda, tokoh masyarakat, termasuk ibu-ibu dan anak-anak. Tradisi ini juga dirangkaikan dengan upacara syukuran atau tolak bala sambil membawa sesajen ke tengah laut.

Pawai tersebut dimulai dari dermaga Suppa hingga ke perairan Parepare sebelum kembali ke tempat semula. Pawai yang dilaksanakan setiap tahun itu tidak hanya diikuti oleh para nelayan, tetapi juga diikuti para pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh adat serta keluarga mereka.


Dalam ritual itu, warga juga membawa sesajen dan berbagai jenis makanan untuk disantap bersama setelah salah satu tokoh agama membacakan doa keselamatan untuk warga di atas kapal perahu tersebut.

“Ini tradisi tahunan menyambut tahun baru Islam atau Muharam dengan cara menggelar pawai di laut sambil pesta makan bersama warga,” ujar Amin, salah satu nelayan peserta pawai.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X