Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan PON XIX Usung Tema "Harmoni Nusantara"

Kompas.com - 29/09/2016, 10:44 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Upacara penutupan PON XIX/2016 digelar nanti malam, Kamis (29/9/2016) di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung. Penutupan ini mengangkat tema Harmoni Nusantara.

"Jumlah penonton akan sama seperti pembukaan kemarin, ada 21.000 kursi yang disiapkan dan akan ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla," ujar Ketua Harian PON XIX/2016, Iwa Karniwa, Kamis (29/9/2016).

Iwa menjelaskan, kemeriahan acara penutupan tidak akan kalah dibanding saat pembukaan. Konsepnya tetap sama, mengusung hiburan rakyat. Hal itu sesuai dengan pesan dari Jusuf Kalla dan Joko Widodo.

"Intinya kita kan menggunakan APBD dari akumulasi pajak yang dibayar masyarakat. Tentu acara ini ditekankan sebesar-besarnya untuk menyenangkan dan menggembirakan masyarakat," tutur Iwa.

Acara yang akan dipandu Izur Muchtar dan Duta PON XIX/2016 Maria Selena itu dimulai pada pukul 19.30 WIB. Wapres sendiri dijadwalkan tiba di Lanud Husein Sastranegara, Kamis pukul 18.30 WIB untuk kemudian istirahat dan dilanjutkan ke GBLA.

Tepat pukul 19.30 WIB, acara dimulai dengan diiringi paduan suara dari Unpad menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Setelah itu ada persembahan rampak kendang oleh Samba Sunda dan Seniman Jabar, kemudian dilanjut devile, laporan PON, sambutan wakil presiden dan penutupan dengan penekanan buzzer oleh wapres, menpora, gubernur Jabar, dan KONI pusat," ucap dia.

Selain itu, akan ada penampilan ribuan penari kolosal bertemakan Harmoni Nusantara melibatkan banyak penari dari UPI dan sanggar tari.

"Acara itu akan sangat meriah dengan menampilkan 30 musisi dari Jabar termasuk Andi /Rif. Itu baru sebagian yang saya sampaikan supaya surprise," tutur dia.

Iwa mengatakan, bagi warga yang tidak menyaksikan langsung di GBLA, pihaknya akan menyiapkan big screen di sekitar GBLA. Namun acara tersebut bisa dinikmati lewat tayangan langsung MNC TV dan TVRI.

"Insya Allah penonton tertib tenang dan memanfaatkan hiburan yang luar biasa ini," imbuhnya.

Iwa pun berterima kasih kepada atlet, kru PB PON, KONI pusat, KONI Jabar, serta 34 kontingen PON yang telah menyukseskan PON Jabar. Meski sempat ada dinamika namun secara umum acara berlangsung sukses.

"Selain itu, terima kasih kepada media untuk masukan dan perbaikan selama gelaran ini," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com