Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat, Surono Usulkan Gelar Lomba Foto Letusan

Kompas.com - 27/09/2016, 13:41 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN,KOMPAS.com - Ahli Vulkanologi Surono mengakui bahwa aktivitas gunung Bromo mengalami peningkatan. Namun pria yang sering dipanggil Mbah Rono ini menegaskan bahwa letusan Gunung Bromo ini tidak sampai membahayakan masyarakat sekitar.

Justru, kata dia, di saat aktivitas gunung berapi ini meningkat ini perlu digelar lomba foto letusan gunung Bromo.

"Justru sekarang seharusnya dibikin lomba foto letusan gunung Bromo. Jangan justru ditakuti dong, dengan asapnya sampai sekian kecamatan kan nanti orangnya lari semua," tegasnya saat ditemui Kompas.com seusai menjadi pembicara dalam acara "2 jam bersama Mbah Rono, ahli Vulkanologi Indonesia, Mitigasi Bencana bagi Sekolah di Lereng Merapi" di SMAN 1 Pakem, Sleman, Selasa (27/9/2016).

Mbah Rono menjelaskan, letusan gunung Bromo durasinya cukup lama. Hanya saja, letusannya tidak sampai membahayakan masyarakat di sekitar.

Yang membahayakan, kata dia, jika letusan gunung Bromo cukup tinggi sehingga bisa mengancam aktivitas penerbangan di Bandar Udara International Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

"Saya kira aman-aman saja. Tidak sangat membahayakan masyarakat sekitar," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com