Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wali Kota Salatiga dan Penggantinya Maju Pilkada, Ganjar Cari Pengganti

Kompas.com - 21/09/2016, 16:13 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tengah mempersiapkan pejabat yang akan ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Salatiga untuk menggantikan PJ Wali Kota Salatiga Agus Rudianto yang baru saja memperoleh rekomendasi PDI-P sebagai calon wali kota Salatiga pada Pilkada serentak 2017.

"Masih proses. Secepatnya akan saya lantik Plt pengganti Agus Rudianto. Prinsipnya, kami tidak ingin ada kekosongan pimpinan di Salatiga, maupun daerah lain. Kalau kosong, roda pemerintahan bisa sedikit terganggu," kata Ganjar di sela kegiatan Operasi Katarak Gratis dalam rangka HUT Plantas ke 61 Polres Semarang di RS Ken Saras, Ungaran, Rabu (21/9/2016) siang.

Ganjar mengungkapkan dua skenario untuk Plt Walikota Salatiga ini. Pertama menunjuk pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, kedua bisa pula di lingkungan Pemkot Salatiga. Sesuai prosedur, yang harus diisi terlebih dahulu adalah penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Walikota, setelah itu baru kemusian menunjuk Penjabat (PJ) sementara.

"Surat pengunduran diri Agus Rudianto sebagai Pj Walikota sudah kami terima dan kami kirim ke Kemendagri untuk persetujuannya. Hari ini atau besok mungkin sudah ada kabar pastinya," ujarnya.

Agus semula berkedudukan sebagai Sekda Kota Salatiga. Kemudian dia diangkat oleh Gubernur Jawa Tengah sebagai Pj Walikota pada pertengahan juli 2016 lalu menyusul purna tugasnya Yuliyanto dan Muh Haris sebagai Walikota dan Wakil Walikota Salatiga.

Yuliyanto-Muh Haris kemudian diketahui kembali berpasangan untuk maju dalam Pilkada serentak 2017 mendatang dengan PKS, Golkar dan Demokrat sebagai kendaraan politiknya.

Sementara itu, Agus Rudianto yang baru dua bulan mengemban tugas sebagai Pj Walikota Salatiga dipinang oleh PDI Perjuangan maju sebagai calon walikota Salatiga berpasangan dengan Dance Ishak Palit, yang kini masih aktif sebagai anggota DPRD Kota Salatiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com