Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan Bernama Unyuk Diserahkan ke Balai Konservasi

Kompas.com - 20/09/2016, 19:32 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar mengevakuasi seekor orangutan (Pongo Pygmaeus) yang diserahkan secara sukarela warga yang memeliharanya di Jalan Husein Hamzah Ganh Mandiri I, Kelurahan Pal Lima Kecamatan Pontianak Barat, Selasa (20/9/2016).

Orangutan berjenis kelamin betina ini diperkirakan berusia 9 bulan dan sejak tujuh bulan terakhir tinggal bersama keluarga Jafrie, warga yang memeliharanya. Oleh keluarga Jafrie, orangutan tersebut diberi nama Unyuk.

Kepala BKSDA Kalbar, Sustyo Iriono mengungkapkan, berdasarkan keterangan dari pemilik, orangutan itu ia dapatkan dari warga dari Kabupaten Landak pada bulan Februari 2016 yang lalu.

Saat itu, Jafrie sedang mengerjakan proyek pembangunan tower di salah satu perusahaan perkebunan di Serimbu.

"Orangutan itu ia peroleh dari warga setempat yang memeliharanya," ujar Sustyo, Selasa (20/9/2016).

Setelah menyelesaikan proyeknya di Serimbu, lanjut Sustyo, Jafrie kemudian membawa Unyuk pulang ke Pontianak. Sejak saat itu, si orangutan tinggal bersama keluarga Jafrie.

"Selama tinggal bersama mereka, Unyuk dipelihara layaknya manusia, diberi asupan susu dan makan buah-buahan," ucapnya.

Orangutan yang dalam kondisi sehat itu pun akhirnya harus berpisah dengan keluarga Jafrie dan saat ini diamankan di dalam kandang transit di kantor BKSDA Kalbar.

"Selanjutnya, orangutan ini akan kami titip rawatkan di IAR Ketapang untuk direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitat aslinya," ujar Sustyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com